APENSO INDONESIA

header ads

TERUSLAH BERBAGI ILMU UNTUK KEMAJUAN SEKOLAH TERCINTA

TERUSLAH BERBAGI ILMU UNTUK KEMAJUAN SEKOLAH TERCINTA


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Kita berkeharusan untuk menularkan ilmu yang kita miliki meski ilmu itu hanya satu kalimat. Ketika ada orang yang bertanya tentang persoalan agama sedangkan kita memiliki ilmu sehubungan dengan yang ditanyakan, maka jawablah. Akan tetapi kalau engkau tidak memiliki ilmu sehubungan dengan yang ditanyakan, maka jangan engkau jawab dengan jawaban sekenanya, karena jawaban yang seperti itu adalah jawaban sesat dan menyesatkan. Jangan engkau sembunyikan ilmumu, artinya jangan pelit untuk membagikan ilmu yang engkau miliki, karena dengan cara yang seperti itu kelak mulutmu akan dikekang dengan tali kendali yang terbuat dari api neraka. 

Hadits nabi:
 
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ سُئِلَ عَنْ عِلْمٍ عَلِمَهُ ثُمَّ كَتَمَهُ أُلْجِمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِلِجَامٍ مِنْ نَارٍ


Artinya :
Dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa ditanya tentang suatu ilmu yang dia mengetahuinya, namun dia menyembunyikannya, maka dia akan diberi tali kekang dari neraka pada hari kiamat”. (HR Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ibnu Majah)

Jangan pelit berbagi ilmu. Itulah yang diajarkan SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir kepada para alumni SMP PGRI 6 Surabaya. Di saat sekolah membutuhkan para alumni untuk berbagi ilmu dalam persiapan lomba pramuka, mereka sigap dan siap. 

Seperti yang dilakukan para alumni SMP PGRI 6 Surabaya pada hari Selasa, 25/10/2022 walaupun kondisi hujan sepulang sekolah mereka sigap langsung mengajari adik adik mereka. Ada yang mengajari sambung tongkat, semaphore dan sandi kotak, serta pengetahuan umum dan pengetahuan pramuka. 




Dalam kesempatan ini, kak Syahrul, S.Pd selaku pelatih pramuka merasa bangga kepada para alumni SMP PGRI 6 Surabaya tersebut. Dikarenakan bisa berbagi ilmu yang sudah mereka kuasai untuk diajarkan kepada adik kelasnya. 

Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya merasa bangga kepada para alumni karena yang beliau selalu ajarkan untuk jangan pelit berbagi ilmu bisa di aplikasikan di adik kelas mereka. Semoga Allah swt yang membalas kebaikan para alumni yang walaupun hujan masih meluangkan waktu untuk tim pramuka Spegrinam Surabaya dalam meraih juara. 
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar