APENSO INDONESIA

header ads

PANEN PEPAYA HASIL KEBUN SAMBIL JAGA PIKET PPDB DI SPEGRINAM

PANEN PEPAYA HASIL KEBUN SAMBIL JAGA PIKET PPDB DI SPEGRINAM

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Pepaya (Carica papaya L.), atau battek adalah tumbuhan yang diperkirakan berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan. Pepaya kini telah menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. 

Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "papaya". Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "kat├Ęs" dan dalam bahasa Sunda "gedang". 

Buah pepaya dimakan dagingnya, baik ketika muda maupun masak. Daging buah muda dimasak sebagai sayuran sedangkan daging buah masak dimakan segar atau sebagai campuran koktail buah. Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda dimakan sebagai lalapan (setelah dilayukan dengan air panas) atau dijadikan pembungkus buntil

Oleh orang Manado, bunga pepaya yang diurap menjadi sayuran yang biasa dimakan. Getah pepaya (dapat ditemukan di batang, daun, dan buah) mengandung enzim papain, semacam protease, yang dapat melunakkan daging dan mengubah konformasi protein lainnya. Papain telah diproduksi secara massal dan menjadi komoditas dagang.

Waktu yang tepat untuk menyadap adalah pagi hari sebelum matahari terbit atau sore hari sebelum matahari terbenam. Daun pepaya juga berkhasiat obat dan perasannya digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menambah nafsu makan.

Di sela-sela kesibukan piket PPDB 2022/2023 yang masih sepi di SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Sabtu, 2/7/2022 penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bersama bapak Syahrul, S.Pd selaku Pelatih Pramuka memanen pepaya hasil kebun yang ada di kebun milik sekolah.

Pukul 12.00 pepaya hasil kebun tersebut oleh penulis, bapak Syahrul, S.Pd, dan bapak Drs. H. Mahfudz, M.Pd. selaku alumni Kepala SMP Romly Tamim dipakai rujakan sambil mengobrol dan minum kopi. Bagi penulis nikmatnya makan rujak sambil jaga piket PPDB. Semoga SMP PGRI 6 Surabaya diberkahi Allah swt, serta dilancarkan PPDB 2022/2023.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat







Posting Komentar

0 Komentar