APENSO INDONESIA

header ads

AJAK DAN AJARKAN KEBERSIHAN ALA NABI KEPADA SISWA/SISWI SMP PGRI 6 SURABAYA PADA PERINGATAN ISRA MIRAJ 1443/2022 M

“AJAK DAN AJARKAN KEBERSIHAN ALA NABI
KEPADA SISWA/SISWI SMP PGRI 6 SURABAYA PADA PERINGATAN ISRA MIRAJ 1443/2022 M“


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



 Pandemi virus corona mengguncang berbagai sendi kehidupan. Beragam imbauan dari banyak pihak datang silih berganti. Isinya nyaris senada baik di media cetak, elektronik, dan online. Salah satunya adalah hidup bersih. Menjaga kebersihan adalah ajaran yang sudah didengungkan oleh Islam. Sebagai penganutnya sudah menjadi kelaziman untuk kita amalkan. Sejak empat belas abad silam Nabi Muhammad ﷺ tampil dengan membawa contoh budaya hidup bersih. Kebersihan menjadi perintah dan setengah dari ajaran agama kita. Makhluk Allah yang mulia, Rasulullah shallallahu ‘alayhi wassalaam, sangat mencintai kebersihan. Bahkan seorang penjaga kebersihan masjid pun kehadirannya dianggap istimewa oleh Rasulullah. Sehingga ketiadaannya mendapat perlakuan istimewa dari Beliau. Rasa suka Rasulullah terhadap kebersihan menjadi tuntunan bagi kita, umatnya, untuk senantiasa menjaga kebersihan sebagai bentuk ketaatan kita pada Allah dan kecintaan kita pada Rasulullah. Karena itu, beliau memperkenalkan konsep hidup sehat dan bersih dari sudut pandang fisik, semacam budaya mandi, berwudhu, membersihkan gigi, buang air besar, mencuci tangan, dan sebagainya. Tuntunan menjaga kebersihan ini diajarkan untuk kita amalkan dalam aktivitas kita sehari-hari sejak bangun tidur hingga berangkat tidur. Sedangkan Islam datang dengan memiliki aturan yang tidak tertandingi oleh agama manapun dalam hal kebersihan. Islam memandang kebersihan sebagai ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah. Manfaat kebersihan yang sangat kita rasakan adalah keindahan, kenyamanan dan kesehatan. Sebagaimana dijelaskan dalam dunia kedokteran, sebagian besar penyakit berasal dari pola hidup yang kurang bersih. Terasa bahwa anjuran dari Rasulullah untuk memperhatikan kebersihan ini merupakan sebuah tanda bahwa beliau sungguh-sungguh mencintai kita sebagai umatnya. Menginginkan kebaikan bagi kita baik di dunia maupun di akhirat. Tidakkah kita begitu rindu dan ingin mengikuti seluruh petunjuk dari pribadi nan agung ini?

Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1443 H / 2022 M di SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir dimanfaatkan untuk mengisi liburan oleh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya yang terdiri dari M. Habibi Mulana, Cindy Nur Afni, M. Arigin, Maisya Kurniasari, Nur Hidayati, dan M. Rizman Maulana yang merupakan siswa/siswi kelas 9.
  
Pada pukul 08.00 siswa/siswi kelas 9 SMP PGRI 6 Surabaya tersebut datang ke Sekolah untuk melakukan kerja bakti. Dimana M. Habibi Mulana, M. Arifin, dan M. Rizman Maulana mengurus kolam lele. Air yang ada di kolam dikuras dan dibersihkan diganti dengan air yang bersih. Dalam kesempatan ini juga dibantu oleh Haidar siswa kelas 5, Nindy dan Zahrotun Nisa siswa kelas 6 SDS Al-Ikhlas Surabaya  



Selain itu, Cindy Nur Afni, Maisya Kurniasari, Nur Hidayati, bersama Dilla melas 5 SDS Al-Ikhlas Surabaya menyapu halaman sekolah dan menyapu ruangan.



Dalam kesempatan tersebut, mereka semua juga memanen buah pepaya yang sudah merah dipakai untuk rujakan bersama. Tak terasa sudah pukul 10.00, akhirnya mereka semua selesai mengerjakan dan balik pulang ke rumah masing – masing.

Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bahwasannya tujuan dari kegiatan ini adalah mengisi liburan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, serta mengajak dan mengajarkan siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya menjaga kebersihan ala Nabi Muhammad SAW sehingga harapan penulis siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya tumbuh menjadi Generasi Emas Unggul dan Berkarakter.

#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya





Posting Komentar

0 Komentar