APENSO INDONESIA

header ads

BERKEDOK

BERKEDOK



Oleh: Gempur Santoso


Hubungan dengan sesama secara sosial, itu penting. Gotong royong.

Boleh dikata diwakili "gotong royong" sudah berarti kata sejenis yang lain. Itu bisa bersama sama, saling memberi, saling membantu, saling mengingatkan, saling menghormati, dan saling lainnya. 

Semua itu bisa dikata "gotong royong". Segala urusan akan menjadi ringan.

Dalam hubungan sosial. Bukan menjadikan dirinya menjadi "tuhan". Dan tak mengharapkan dirinya mejadi "tuhan". Apalagi mempengaruhi orang lain untuk "menuhankan" dirinya.

Dan, tentu orang lain tak perlu menuhankan manusia lain.

Cukup dengan "gotong royong" secara sosial  Hanya Tuhan Yang Maha Kuasa yakni Allah SWT adalah yang membuat makhluk yang membuat kita termasuk manusia. Tergantunglah pada Allah SWT saja.

Lepaskanlah ketergantungan pada apa dan siapa saja. Namun kita secara sosial saling sinergi secara "gotong royong" dalam kebaikan.

Bergotong royong secara ikhlas, sebagai amalan dan mejadi amal untuk bekal hidup selanjutnya.

Berkerja sebagai buruh. Sebagai juragan. Sebagai pimpinan. Itu adalah tanggung jawab pekerjaan masing-masing. Hanyalah sinergi dalam bekerja masing masing untuk mendapatkan "nafkah" rejeki halal.

Beramal lilahitaallah (ikhlas karena Allah SWT) dilakukan secara sadar oleh masing masing orang. 

Bukan orang lain memaksa seolah "tuhan" memerintah olang lain agar beramal atau bersodakoh. Itu bisa dikatakan "pemaksaan halus" alias penipuan atas nama seolah seolah "tuhan". 

Memang manusia ada yang berkedudukan "kuasa". Itu amanah tanggung jawab saja. Tetapi dia bukan "Yang Maha Kuasa". Tetap hanyalah manusia. 

Apapun dan siapapun tidak bisa menanggung manusia. Hanyalah Allah SWT yang menanggung manusia "kun faya kun" (jadilah jadi).

Kita harus yakin firmanNya bahwa "Allah mencipta manusia dengan segala kebutuhamnya". Bukan manusia sok seolah tuhan. Bergaya seperti tuhan. Bisa dikata penipu berkedok tuhan.

Ghoib itu urusan Allah SWT, bukan urusan manusia.

Semoga kita sehat semua...aamiin yra.

(GeSa)

Posting Komentar

0 Komentar