APENSO INDONESIA

header ads

UNIVERSITAS CIPUTRA SURABAYA AJAK SISWA/SISWI SMP PGRI 6 SURABAYA PERANG LAWAN NARKOBA SEJAK USIA DINI

UNIVERSITAS CIPUTRA SURABAYA AJAK SISWA/SISWI SMP PGRI 6 SURABAYA PERANG LAWAN NARKOBA SEJAK USIA DINI



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Narkoba adalah obat berbahaya dan telah beredar secara populer di masyarakat, khususnya di kalangan pelajar. Hampir seluruh rakyat Indonesia mengetahui narkoba. 

Narkoba itu selalu dihindari karena berbahaya dan membuat orang kecanduan. Jika orang telah mengonsumsi narkoba, dan tiba-tiba tidak mengonsumsinya lagi, dia akan merasakan dorongan psikologis yang kuat untuk menkonsumsinya kembali. 

Terdapat 3 macam narkoba; narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya. 

Narkotika akan mengakibatkan perubahan kesadaran, mengurangi dan menghilangkan rasa sakit dan bisa menimbulkan ketergantungan (adiksi). 

Psikotropika mengubah susunan syaraf pusat sehingga mengganggu mental, dan mengubah perilaku. 

Zat adiktif berbahaya bagi tubuh karena merupakan zat kimia seperti etanol, inhalansia, tembakau.

Narkoba jenis opium itu awalnya digunakan pada zaman kolonial Belanda. Pemakainya kebanyakan merupakan Orang Cina. Waktu itu, pemerintah Belanda memperbolehkan pemakaian opium. Tanaman ganja dan kokain juga sering ditemukan tumbuh. 

Namun, untuk menghindari akibat yang tidak diinginkan Belanda mengeluarkan UU State Gazette No.278 Juncto 536, berupa larangan memakai zat yang membuat kecanduan (narkoba), namun obat sintesis yang memiliki efek sama dengan narkoba diperbolehkan.

Saat Indonesia merdeka, pemerintah membuat UU yang menyangkut produksi dan distribusi obat berbahaya. Pada tahun 1970an, narkoba menjadi masalah yang besar. Maka dari itu, dibuatlah UU Anti Narkotika nomor 22/1997 dan UU Psikotropika nomor 5/1997. UU tersebut berisi ketentuan pidana terhadap pelaku kejahatan narkotika, dengan cara pemberian sanksi terberat berupa hukuman mati.

Pelajarlah yang paling rentan untuk mengonsumsi narkoba secara sembarangan. Dalam masa-masa pelajar, mereka masih labil untuk mencari jati diri mereka masing-masing. Oleh karena itu, mereka mudah dipengaruhi. 

Mereka juga mencari kenikmatan sesaat tanpa memikirkan efeknya bagi masa depan mereka. Pelajar juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga mendorong mereka untuk mencoba hal-hal baru. 

Pelajar cenderung merasa bahwa temannya lebih mengerti dibanding orang tua. Maka dari itu, pelajar cenderung lebih mengikuti kata teman. Jika mereka berada di pergaulan teman yang buruk, sudah pasti terpengaruh buruk. 

Beberapa hari ini kita dikejutkan dengan berita tentang Narkoba yang semakin marak di kota Surabaya, tidak hanya anak – anak dan dewasa menjadi korban dari Narkoba. Makanya, pada hari Sabtu, 18/12/2021 kedatangan ke – 5 Mahasiswi Universitas Ciputra di SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir.

Dimana kedatangan ke – 5 mahasiswi Fakultas Kedokteran di SMP PGRI 6 Surabaya tersebut yaitu memberikan edukasi tentang Narkoba bagi 20 siswa/siswi. 



Sebelum memulai materi, penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Fakultas Kedokteran Ciputra yang sudah meluangkan waktu tenaga dan pikiran untuk berbagi ilmu tentang bahaya dampak Narkoba. 

Di samping itu juga, penulis meminta kepada siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya mari kita sama – sama untuk perang terhadap Narkoba dan memperingatkan asal mula dari Narkoba yaitu rokok. Jadi, jangan coba – coba untuk merokok, jauhi rokok karena dengan merokok dapat merusak paru - paru.

Sebelum menjelaskan paparan materi tentang Narkoba ke – 5 mahasiswi melakukan post test untuk siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya mengenai Narkoba. Setelah itu, memaparkan materi tentang Narkoba dan ke – 20 siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya memperhatikan dengan cermat dan sangat antusias dalam berinteraksi untuk kegiatan tersebut .


Sebelum mengakhiri acara ke – 5 mahasiswi memberikan pre test kepada 20 siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan memberikan kenang – kenangan kepada SMP PGRI 6 Surabaya berupa vandel.

-MARI KITA BERSINERGI PERANG LAWAN NARKOBA-

#TantanganGuruSiana
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar