APENSO INDONESIA

header ads

INDUSTRI HARUS ERGONOMI

 INDUSTRI HARUS ERGONOMI



Oleh: Gempur Santoso

(Gubes Ergonomi K3, Teknik Industri, Umaha Sidoarjo)


Manusia. Kalau ukuran organ manusia namanya antropometri. Kalau kemampuan rasa manusia bisa dalam kategori psikologis/psikis. Kalau gerak otot rangka manusia dalam kategori kemampuan fisiologis.

Dalam membuat alat - alat untuk kebutuhan hidup. Atau pun alat - alat industri. Haruslah alat (produk) disesuaikan manusia. Bukan manusia disesuaikan alat.

Manusia akan terbentuk permformennya, pasti tergantung alat dan lingkungannya (environment).

Misal saja. Bentuk performen duduk. Pasti mengikuti bentuk kursi yang diduduki. Bentuk dan tinggi kursi makan, kursi tamu, kursi kuliah, dan lain - lain, pasti berbeda.

Perbedaan kursi tersebut akan membuat bentuk performen orang yang duduk.

Banyak contoh lain. Bisa meja, mobil, alat - alat perang, alat - alat industri, dan produk lainnya. Harus disesuaikan manusia.

Bagi yang ingin ahli di bidang industri. Haruslah faham tentang produk ergonomis. Mendesain dan membuat produk yang ergonomis. Yang membuat pengguna alat (produk) tetap nyaman, tidak mudah lelah, sehat, dan tidak mencelakakan.

Jadi, alat (produk) harus disesuaikan kemampuan pengguna. Buatlah produk yg mengakibatkan pengguna alat tersebut, bisa bergerak fisiologis. Segerombolan pangkal otot menggerakkan ujung otot. Itu, ergonomis fisiologis, tidak mudah melelahkan.

Ergonomis, bisa mempertimbangkan psikis, otot mata, obyek, dan lain lain. Termasuk keseimbangan antara tugas kerja dan kemampuan tubuh. Lebih mendalam, ikuti belajar tentang ergonomi.

Semoga kita sehat selalu....aamiin yra.

(GeSa)


Posting Komentar

0 Komentar