APENSO INDONESIA

header ads

SHARING BERSAMA KEPALA SMP SWASTA SURABAYA UNTUK MENJADIKAN SEKOLAH UNGGULAN DALAM MENCETAK GENERASI EMAS UNGGUL

“SHARING BERSAMA KEPALA SMP SWASTA SURABAYA UNTUK MENJADIKAN SEKOLAH UNGGULAN DALAM MENCETAK GENERASI EMAS UNGGUL“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Kemajuan era telekomunikasi dan transformasi menuntut seorang pendidik generasi agar mampu melakukan peningkatan kualitas pendidikan. Peningkatan kualitas merupakan salah satu filter pembagunan pendidikan, di samping pemerataan dan perluasan akses dan peningkatan efektifitas-efesiensi tata kelola pendidikan. 

Peningkatan kualitas pendidikan semakin mendapatkan penekanan, dikarenakan adanya kesadaran bahwa masa depan suatu bangsa sangat tergantung pada keberhasilan bangsa menciptakan pendidikan yang berkualitas. 

Proses peningkatan kualitas sekolah berlangsung sangat variatif dari suatu sekolah ke sekolah lain. Apalagi bila di antara suatu sekolah memiliki perbedaan yang mencolok. Karena peningkatan kualitas sekolah begitu kompleks dan rumit. 

Namun, demikian agar keberhasilan suatu sekolah dalam meningkatkan kualitas dapat dijadikan acuan bagi sekolah lain, maka proses peningkatan yang kompleks dan rumit tersebut perlu untuk dipetakan.

Guru sebagai pendidikan profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada anak usia dini jalur pendidikan formal. Pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. 

Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi akademik, kompetensi sertifikat pendidik sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan pendidikan nasional, yaitu terselenggaranya pendidikan yang berkualitas bagi setiap warga negara.

Guru membutuhkan pelatihan profesional untuk menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan mereka. Pelatihan itu akan lebih bermanfaat bagi guru jika guru memiliki semangat belajar seumur hidup, sehingga semangat belajar harus melekat dalam diri setiap guru hingga ia kaya ilmu dan terampil. 

Belajar seumur hidup amat penting bagi guru karena pendidikan guru belum bisa menjamin kompetensi mereka menjadi guru yang profesional guru yang selalu belajar akan berhasil menjadi pendidik, karena pendidik tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang. 

Mendidik adalah melakukan perbuatan yang benar yang intinya membantu mendidik dalam mendewasakan dirinya. Bantuan ini mencakup kegiatan fisikal, mental, emosional dan spiritual dan pilihan paling benar dan paling mungkin dilakukan secara sadar, teratur dan terus menerus. 

Pendidikan yang berkualitas ini dapat terwujud melalui komitmen serta upaya meningkatkan pendidikan yang di lakukan secara terus menerus. Guru sangat di perlukan keberadaannya dan sangat menentukan keberhasilan program pendidikan di sekolah, peningkatan kualitas sekolah mempersyaratkan adanya guru profesional agar sekolah tersebut menigkat. 

Semua komponen dalam proses pembelajaran di sekolah, pengembangan proses pembelajaran tanpa dukungan keberadaan guru yang profesional, sekolah tidak akan meningkat. Bukan hanya seorang guru yang berupaya meningkatkan kualitas sekolah, tapi sosok pemimpinlah dalam hal ini selaku kepala sekolah selaku penanggung jawab pengelolahan administrasi dan teknis pembelajaran diharapkan mampu bertindak selaku manejer dalam upaya menumbuh kembangkan kompetensi guru melalui bentuk penghargaan seperti pemberian kesempatan sertifikasi guru, pendidikan dan latihan profesi penyediaan sarana pendukung pembelajaran, pemberian insentif berdasarkan tugas dan tanggung jawabnya serta pemenuhan jaminan kenyamanan dan keamanan dalam menjalankan tugas pembelajarannya.

Pada peningkatan kualitas sekolah, guru bertanggung jawab melakukan kegiatan pendidikan di sekolah guna meningkatkan kualitas sekolah, tanggung jawab menuntun para siswa belajar membina pribadi, watak, dan jasmani siswa, menganalisis kesulitan belajar, serta menilai kemajuan belajar para siswa agar sekolah tersebut meningkat. 

Sebagaimana telah dikemukakan bahwa profesional guru mengandung pengertian yang meliputi unsur-unsur kepribadian, keilmuan dan keterampilan. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa kompetensi profesional guru tentu saja akan meliputi tiga unsur itu walaupun tekanan yang lebih besar terletak pada unsur keterampilan sesuai dengan peranan yang dikerjakannya dalam membina dan membimbing siswa menjadi lebih baik dan akan meningkatkan kualitas sekolah. 

Upaya meningkatkan kualitas sekolah dapat dilihat dari kemampuan guru menjadi sebuah profesi yang utuh, dibutuhkan pembinaan dan peningkatan kapasitas guru agar kinerja guru dapat optimal. 

Ukuran kinerja guru terlihat dari rasa tanggung jawabnya menjalankan amanah, profesi yang diembannya, rasa tanggung jawab moral dipundaknya. Semua itu akan terlihat kepada kepatuhan dan loyalitas dalam menjalankan tugas keguruannya dalam kelas dan tugas kependidikannya di luar kelas. 

Sikap ini akan diikuti pula dengan rasa tanggung jawab mempersiapkan segala perlengkapan pengajaran sebelum melaksanakan proses pembelajaran dengan mempertimbangkan metodologi yang akan digunakan, termasuk alat, media pendidikan yang akan dipakai, dan penilaian yang akan digunakan dalam pelaksanaan evaluasi.

Kinerja guru juga akan semakin optimal, bilamana diintegrasikan dengan komponen persekolahan, apakah itu kepala sekolah, karyawan, maupun anak didiknya. Kinerja guru akan bermakna bila diikuti dengan niat yang bersih dan ikhlas, serta selalu menyadari akan kekurangan yang ada pada dirinya, dan berupaya untuk meningkatkan kekurangannya sebagai upaya untuk meningkatkan kearah yang lebih baik.

Dalam meningkatkan kualitas sekolah unggulan di wilayah Surabaya Utara, pada hari Selasa, 24/8/2021 MKKS SMP Swasta Surabaya Utara mengadakan kegiatan sharing antar SMP Swasta Surabaya dalam mewujudkan kualitas sekolah unggul melalui link https://meet.google.com/kfz-ywhq-ouh.

Dimana sharing tersebut dimulai pukul 12.30. Menurut penulis yang juga Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dan Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir sangat bangga terhadap SMP Swasta Surabaya Utara karena semangat sangat tinggi ingin menjadikan Sekolah unggul.

Dalam kesempatan tersebut, penulis menyampaikan “JANGAN MINDER“, ajak siswa bapak/ibu Guru SMP Swasta Surabaya Utara untuk terus memacu semangat dalam mengantarkan Generasi Emas Unggul dengan berbagai prestasi. Itu semua bisa berjalan dengan baik bila peran Guru dioptimalkan dalam mencetak Generasi Emas Unggul.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar