APENSO INDONESIA

header ads

JADIKAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH YANG UNGGUL DENGAN MENGIKUTI WEBINAR SOSIALISASI NORMA STANDAR PROSEDUR DAN KRITERIA PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERSAMA PERPUSNAS

“JADIKAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH YANG UNGGUL DENGAN MENGIKUTI WEBINAR SOSIALISASI NORMA STANDAR PROSEDUR DAN KRITERIA PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERSAMA PERPUSNAS“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka (UU No. 43 Th. 2007).

Pengelolaan perpustakaan di Lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Non formal dan Informal sampai saat ini belum memadai. 

Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : koleksi perpustakaan sarana dan prasarana pelayanan perpustakaan tenaga Perpustakaan penyelenggaraan dan pengelolaan belum sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP), serta belum adanya Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) yang dijadikan acuan dalam pengelolaan perpustakaan. 

Untuk memudahkan pengelolaan perpustakaan diperlukan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) Pengolahan.  

Processing adalah pekerjaan yang diawali sejak bahan perpustakaan diterima di perpustakaan sampai dengan penempatan di rak yang telah disediakan, untuk kemudian siap dipakai oleh pemustaka. 

Katalogisasi merupakan proses deskripsi koleksi di perpustakaan. Hasil pekerjaan katalogisasi adalah katalog, yang berisi keterangan-keterangan yang lengkap tentang keadaan fisik koleksi. Keterangan atau deskripsi katalog terdiri atas delapan daerah (area), yang tiap daerah terdiri atas beberapa unsur. Daerah dan unsur dipisahkan oleh tanda baca. Setiap daerah, kecuali pada daerah pertama, diawali dengan tanda titik, spasi, garis, spasi (.—).

Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya, Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Senin, 30/8/2021 bersama ibu DINA AYU SEPTYARINI, S.Pd selaku Pengelola Perpustakaan mengikuti webinar yang diadakan secara daring pukul 12.00 melalui Meeting ID: 829 0045 3168 Passcode: perpusna Atau bisa melalui link: https://bit.ly/sosialisasiNSPK. 

Dalam kegiatan tersebut, penulis sangat berterimakasih dapat ikut kegiatan. Dimana harapannya penulis dapat membenahi perpustakaan di sekolah yang juga pernah meraih Juara III se kota Surabaya.

Tidak terasa webinar yang begitu panjang dan lama, akhirnya tepat pukul 16.00 telah berakhir. Sebelum kegiatan berakhir penulis dan ibu DINA AYU SEPTYARINI, S.Pd menyempatkan untuk isi absensi melalui link https://linktr.ee/psptperpusnas. 

Semoga ilmu yang diberikan Perpusnas bisa dimanfaatkan di SMP PGRI 6 Surabaya. Apalagi dalam mempersiapkan Akreditasi Sekolah.

#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar