APENSO INDONESIA

header ads

BERSAMA TELKOMSEL JADIKAN PENDIDIKAN BERKUALITAS SMP SWASTA SURABAYA UTARA DI MASA PANDEMI COVID-19

“BERSAMA TELKOMSEL JADIKAN PENDIDIKAN BERKUALITAS SMP SWASTA SURABAYA UTARA DI MASA PANDEMI COVID-19“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Pendidikan merupakan sebuah kekuatan yang dapat mengubah suatu peradaban dan menentukan masa depan sebuah bangsa. Karena itu, untuk mendukung pembangunan nasional yang berkesinambungan, diperlukan perhatian lebih terhadap penciptaan sistem pendidikan yang berkualitas. 

Kemampuan untuk mengelola sumber daya alam yang kita miliki bergantung juga kepada sumber daya manusia yang berkualitas. Maka, selayaknya kita terus mengembangkan pendidikan agar tidak hanya menghasilkan lulusan yang qualified di bidang akademik, tapi juga dalam nilai-nilai untuk menghasilkan manusia yang berintegritas tinggi.

Pendidikan yang berkualitas diperoleh ketika kegiatan belajar dan mengajar saling berhubungan. Pengajaran harus memengaruhi pembelajaran, dan pembelajaran harus memengaruhi pengajaran. Dalam hal ini kita melihat bahwa mengajar lebih dari sekadar memberi tahu, dan belajar lebih dari sekadar mendengarkan.

Prinsip-prinsip penting dalam pendidikan anak yang perlu menjadi perhatian dalam proses belajar-mengajar, yaitu prior knowledge, pemrosesan, pengaitan, metakognisi, penerjemahan, serta sintesis. 

Seorang guru harus memperhatikan prior knowledge, apa yang telah diketahui seorang siswa mengenai suatu topik. Hal ini akan memengaruhi proses pembelajaran siswa tersebut. Kemudian dalam proses pembelajaran, guru harus memperhatikan bahwa siswa tersebut tidak sekadar menyerap dan menghafal suatu informasi, tetapi juga mampu untuk memproses informasi yang diperoleh. 

Dengan pemahaman ini, seorang siswa kemudian juga diajarkan untuk dapat mengaitkan ide tersebut dengan pengalaman sehari-hari mereka.

Metakognisi juga menjadi aspek penting dalam pendidikan karena hal ini akan membantu siswa untuk menganalisa suatu tugas dan menemukan cara penyelesaiannya. Siswa juga diharapkan mampu untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh ke dalam konteks yang berbeda, dan kemudian menyusun potongan-potongan informasi tersebut hingga menjadi satu kesatuan yang utuh.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya penciptaan kondisi belajar yang positif. Hal ini dapat diciptakan di antaranya dengan membangun suasana belajar yang kolaboratif, mendorong siswa untuk mengungkapkan ide mereka, serta memacu siswa untuk memiliki rasa ingin tahu.

MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dibawah kepemimpinan penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir selalu ingin melakukan perubahan – perubahan dan inovasi dalam menjadikan pendidikan yang berkualitas di SMP Swasta Surabaya Utara tersebut.

Pada hari Jum’at, 6/8/2021 hari yang penuh berkah barokah, penulis kedatangan tamu di SMP PGRI 6 Surabaya yaitu bapak WIBOKO dari Telkomsel bersama tim. Dimana pak WIBOKO bersama tim di ajak masuk Ruangan UKS milik SMP PGRI 6 Surabaya. Di sana penulis dan pak WIBOKO bersama tim mengobrol banyak mengenai pendidikan berkualitas di Indonesia khususnya di Kota Surabaya pada masa pandemi COVID-19 seperti yang terjadi saat ini. 

Dari obrolan tersebut, Insyah Allah Telkomsel akan mendukung pendidikan yang berkualitas bagi sekolah, Guru, dan siswa di SMP Swasta Surabaya Utara. Dalam hal ini, pak WIBOKO selaku dari pihak Telkomsel akan mensupport penuh agar Guru, siswa di wilayah Utara semakin berkarya dan berprestasi di masa pandemi COVID-19 ini.

Selesai mengobrol bersama dengan pak WIBOKO, penulis memberikan sarapan yaitu Nasi Ayam bakar dari WAROENG MAK – NYAK di daerah Mrutu Kalianyar, Surabaya dengan minuman Jahe panas.

Dalam kesempatan tersebut, penulis menghaturkan banyak terima kasih atas kepercayaan Telkomsel di SMP Swasta Surabaya Utara untuk menjadikan pendidikan yang berkualitas di SMP Swasta Surabaya Utara dan penulis menyampaikan kepada Telkomsel sukses dan jaya selalu untuk Telkomsel.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar