APENSO INDONESIA

header ads

KEGIATAN PENULIS DI HARI LIBUR, MERAWAT DAN MEMBANTU TETANGGA MENINGGAL

“KEGIATAN PENULIS DI HARI LIBUR, MERAWAT DAN MEMBANTU TETANGGA MENINGGAL“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Kematian atau ajal adalah akhir dari kehidupan, ketiadaan nyawa dalam organisme biologis. Semua makhluk hidup pada akhirnya akan mati secara permanen, baik karena penyebab alami seperti penyakit atau karena penyebab tidak alami seperti kecelakaan. Setelah kematian, tubuh makhluk hidup mengalami pembusukan. Istilah lain yang sering digunakan adalah Tutup usia, meninggal dunia, gugur, wafat, tewas, atau mati.

Pada hari Minggu, 4/7/2021 Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada pukul 04.30 mendapatkan telpon dari Ketua RT V, RW V Bulak Rukem yaitu bapak ABDUL HALIM. Dimana beliau mengabarkan, kalau Mertua beliau meninggal dunia, butuh ambulance, dan mengabarkan kalau tempat pemandian tidak ada karena dipakai warga Bulak Rukem Gang IV dan Warga Bulak Rukem Gang I A. 

Akhirnya Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya langsung bergerak cepat untuk menghubungi Ambulance Yayasan Nurul Hayat Surabaya dan alhamdulilah Ustad Teguh, driver Ambulance Nurul Hayat Surabaya siap. Setelah beres menyelesaikan Ambulance, Penulis mendatangi pak ZAINAL ISHOM, S.TH.I Ketua RW 6 Bulak Sari. Di sana Penulis bertemu dengan pak ISHOM menyampaikan maksud dan tujuannya yaitu pinjam tempat pemandian orang mati nilik RW 6. Alhamdulilah, beliaunya sangat welcome dan akhirnya Penulis menelpon bala bantuan warga RT V untuk mengambil alat tersebut. Di sana bapak ZAINAL ISHOM yang terkenal sangat ramah ikut membantu menatakan tempat untuk mandi jenazah tersebut. 

(Gambar : Peminjaman tempat pemandian jenazah)


Selesai mengurus Ambulance dan tempat pemandian, Penulis dan Ketua RT V, RW V mendatangi dokter Herman Sudjarwo untuk meminta Surat Kematian Dokter. Selesai mendapatkan Suratnya, Penulis dan Ketua RT V langsung menuju ke Makam Wonokusumo untuk mendaftar. Di sana Ketua RT V mengisi data – data, serta membayar ristribusi. Selesai membayar Ketua RT langsung meninjau makam untuk ibu mertuanya tersebut. Selesai dari tempat untuk pemakaman, Penulis kembali ke Bulak Rukem III.

Tak terasa sudah pukul 08.30 Ustad Teguh, driver Ambulance Nurul Hayat sudah sampai di Rumah Duka dengan telaten dan sabar beliau melayani jenazah dengan sebaik - baiknya dan tepat pukul 09.00 jenazah diantarkan di Pemakaman Wonokusumo, Kecamatan Semampir.

Alhamdulilah, di hari libur Penulis yang Juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya masih bisa bermanfaat untuk masyarakat umum dan semoga masyarakat puas dengan layanan yang Penulis berikan tersebut. Dalam kesempatan ini, Penulis mengharapkan kepada seluruh teman - teman untuk tetap jaga dan patuhi protokol kesehatan, serta ikuti anjuran Pemerintah selama PPKM Darurat tetap berada di rumah untuk memerangi Covid - 19 yang melanda negeri ini dan mengurangi jumlah kematian yang ada di Negeri ini.
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar