APENSO INDONESIA

header ads

TASYAKURAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2021 MKKS SMP SWASTA SURABAYA UTARA SEMOGA LANCAR SUKSES BERKAH BAROKAH SELAMANYA

“TASYAKURAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2021 MKKS SMP SWASTA SURABAYA UTARA SEMOGA LANCAR SUKSES BERKAH BAROKAH SELAMANYA“ 



Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Setiap tanggal 2 Mei, Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional atau disingkat dengan Hardiknas. Di tahun ini, Hardiknas akan jatuh pada Minggu (2/5/2021), masih di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti tahun lalu. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Surat Edaran Mendikbud Nomor: 27664/MPK.A/TU.02.03/2021 menyampaikan sejumlah imbauannya terkait peringatan Kemdikbud di tahun 2021 ini.

Pertama, Kemdikbud akan menyelenggarakan upacara peringatan Hardiknas 2021 secara tatap muka, terbatas juga minimalis, dan dengan protokol kesehatan pada Minggu (2/5/2021) pukul 08.00 WIB. Untuk segenap instansi dan satuan pendidikan baik yang ada di pusat, luar negeri, maupun daerah diperkenankan menyelenggarakan upacara peringatan Hardiknas 2021 secara tatap muka, terbatas dan minimalis, dengan protokol kesehatan, apabila berada di zona kuning atau hijau. 

Sementara, instansi dan satuan pendidikan yang ada di zona merah atau oranye, diimbau untuk mengikuti jalannya upacara peringatan secara daring melalui kanal YouTube Kemendikbud RI atau saluran TV Edukasi dari rumah masing-masing. 

Secara singkat, penetapan 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional diambil dari hari kelahiran tokoh pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara. Sosok tokoh asal Yogyakarta ini meninggalkan begitu banyak warisan bagi dunia pendidikan nasional, mengutip Kompas.com (2/5/2020). Salah satu yang terkenal adalah semboyannya yang berbunyi : "Ing ngarsa sung tulodho, ing madya mbangun karsa, tut wuri handayani", yang artinya "Di depan (guru) harus memberi contoh yang baik, di tengah-tengah (muridnya) harus menciptakan ide dan prakarsa, di belakang harus bisa memberi dorongan dan arahan).

Semboyan tersebut hingga saat ini masih digunakan dalam sistem pendidikan di Tanah Air, misalnya "Tut wuri handayani" yang dituliskan di dalam logo Kemendikbud. Tidak hanya semboyan, Ki Hajar Dewantara di sepanjang hidupnya juga telah memperjuangkan hak belajar kaum Pribumi di masa penjajahan Belanda dengan mendirikan lembaga Taman Siswa di Jogja. 

Di sana, masyarakat yang semula kesulitan mengakses pendidikan kini bisa sama-sama merasakan luasnya samudera ilmu sebagaimana didapatkan oleh kelompok bangsawan. Dengan begitu, bangku pendidikan yang semula tidak mungkin terjangkau oleh kalangan Pribumi mulai bisa dinikmati.

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional MKKS SMP Swasta Surabaya Utara yang merupakan organisasi kerja Kepala SMP Swasta Surabaya Utara pada hari Minggu, 2/5/2021 Pengurus MKKS SMP Swasta Surabaya Utara yang terdiri dari bapak AINUL YAQIN, S.Si Kepala SMP WACHID HASYIM 1 Surabaya, bapak SYAHRUL, S.Pd Kepala SMP Kemala Bhayangkari 6 Surabaya, ibu Dra .HJ. ERNA SAIDAH SMP YP Surabaya, bapak H. ALI FAUZI, S.Ag, M.Pd. I Kepala SMP MUHAMMADIYAH 6 Surabaya, bapak Drs. H. MAHFUDZ, M.Pd. I Kepala SMP Romly Tamim bersama dengan Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada pukul 16.30 mendatangi Waroeng Mak – Nyak yang terletak di Jalan Mrutu Kalianyar No. 174 Surabaya.

Dalam kesempatan ini, Penulis alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 yang juga ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara menyampaikan bahwa kegiatan momen hari ini adalah Tasyakutan Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021. Semoga di Hari Pendidikan Nasional 2021 ini Pelaksanaan PPDB SMP Swasta Surabaya terpenuhi Pagu PPDB nya, tidak ada SMP Swasta Surabaya Utara yang kurang pagu, kurang jam Guru-nya dan tidak ada SMP Swasta Surabaya Utara yang ditutup karena kekurangan Siswa/Siswi, serta semoga Bapak/Ibu Kepala SMP Swasta Surabaya Utara , Bapak / Ibu Guru dan Keluarga di berikan kesehatan, kesuksesan, berkah barokah selamanya.

Acara tersebut, di isi dengan doa oleh bapak Drs. H. MAHFUDZ, M.Pd. I. Semoga doa yang dibacakan oleh bapak MAHFUD tersebut dan di aamiinkan Pengurus dikabulkan oleh Allah S.W.T, apalagi bertepatan dengan Malam Ramadhan yang ke – 21.
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar