APENSO INDONESIA

header ads

SERUNYA BISA MERAYAKAN RAMADHAN BERSAMA KELUARGA TERCINTA SEMOGA PENUH BERKAH

“SERUNYA BISA MERAYAKAN RAMADHAN BERSAMA KELUARGA TERCINTA SEMOGA PENUH BERKAH“


Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Puasa Ramadhan menurut syariat Islam adalah suatu amalan ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari segala sesuatu seperti makan, minum, perbuatan buruk maupun dari yang membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari yang disertai dengan niat karena Allah SWT, dengan syarat dan rukun tertentu. 

Puasa dalam Islam juga sering disebut shaum yang merupakan salah satu ibadah yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. 

Pengertian puasa Ramadhan selain menjaga hawa nafsu, juga wajib dilakukan oleh umat Islam. Hal ini sudah dijelaskan dalam firman Allah dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 183 yaitu :   
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Artinya : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. 

Jadi firman Allah SWT di atas menjelaskan bahwa melaksanakan puasa Ramadhan adalah wajib hukumnya, di mana hal tersebut adalah bentuk pertanggungjawaban manusia kepada penciptanya secara langsung serta kegiatan yang menyangkut hablum minallah

Selain pengertian puasa Ramadhan di atas, ada beberapa hal penting lainnya menyangkut puasa Ramadhan seperti rukun puasa Ramadhan, syarat puasa Ramadhan, dan lain sebagainya. 

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat, yaitu yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak yang terbentuk oleh ikatan pernikahan, atau adopsi. Itu adalah pengertian keluarga yang saya tau dari internet. 

Sementara ini saya masih menjadi seorang anak, karena saya belum menikah. Keluarga bagi saya adalah segalanya. Jadi berbahagialah bagi anda yang masih mempunyai keluarga, buatlah keluarga bangga dengan prestasi kita dan jangan pernah mengecewakan keluarga. 

Pendidikan kita berawal dari keluarga. Ketika kita masih kecil, keluargalah yang pertama mendidik kita, sebelum kita akhirnya mencari ilmu di sekolah, dan mendapatkan pendidikan atau pengalaman baru di luar keluarga kita. 

Ketika keluarga memberikan pendidikan yang baik dan mencontohkan akhlak yang baik, inysa Allah ketika kita berada di luar keluarga, kita akan berprilaku dengan baik sesuai kebiasaan yang dilakukan di dalam keluarga. 

Dalam hidup ini, menurut saya yang paling berharga adalah keluarga, terutama ayah dan ibu. Kasih sayang, perhatian dari orang tua atau keluarga kita, tidak akan sama dengan kasih sayang dari orang lain. Ketika dalam keluarga ada benci, kesel, kecewa, tapi semua itu bisa diatasi dengan adanya kasih sayang. 

Misalnya orang tua selalu marah-marah kepada kita tapi pada dasarnya mereka sayang sama kita, dan rasa marah atau kecewa bisa dikalahkan oleh rasa kasih sayang. Dalam keluarga harus ada kesabaran, walaupun dalam hal ini saya belum bisa menjadi orang yang sabar dalam keluarga. 

Ketika kita dalam hidup ini mendapat masalah, pasti keluarga selalu ada buat kita. Mereka selalu berusaha mencari solusi untuk keluar dari masalah itu, terkadang kita selalu bikin mereka kecewa, akan tetapi mereka selalu memaafkan kita. Keluarga adalah tempat untuk kita mengadu keluh kesah dalam hidup ini. 

Pada saat saya bertanya kepada teman saya tentang makna keluarga, dia mengatakan bahwa makna keluarga bagi dia adalah “teman dan sahabat”. Karena bagi dia keluarga bagaikan teman dan sahabat, bisa diajak cerita, sharing, dan tentang hal apapun yang ingin dia ceritakan tentang kehidupannya.

Puasa Ramadhan 1442 H yang dimulai sejak tanggal 13/4/2021 penulis gunakan kesempatan baik tersebut dengan sebaik – baiknya apalagi dalam masa pandemo Covid – 19 tersebut penulis betul – betul memanfaatkan momen istimewa tersebut, dimana setiap pagi penulis selalu belanja ke pasar bulak banteng untuk menu berbuka puasa, dan sorenya pukul 17.00 penulis menata menu buka puasa di bawah ada nasi, teh panas.

Saat adzan maghrib berkumandang penulis, abah dan umik, kakak serta ponakan umik dan putrinya langsung untuk persiapan menjalankan buka puasa bersama setiap hari mulai 13/4/2021. Sambil makan kita bisa ngobrol ke sana kemari tentang sekolahan, apalagi ada keponakan kecil yang berusia hampir 2 tahun yang setiap buka puasa selalu ikut meramaikan. 

Dalam kesempatan tersebut tidak di sia - siakan oleh penulis untuk ngobrol dan bercanda bersama sambil makan. Apalagi ini adalah momen istimewa pas ada Pandemi Covid – 19 mengingat biasanya penulis termasuk kakak juga sibuk dalam bekerja. Alhamdulilah, adanya Pandemi Covid – 19 tersebut keluarga dapat bersatu dalam suasana Ramadhan.

Dalam kesempatan yang baik ini, penulis berharap agar Covid – 19 segera hilang dari muka bumi ini dan penulis mengimbau kepada seluruh Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya, serta seluruh masyarakat selalu memakai masker, serta sarung tangan dimanapun berada termasuk jika ada di sekolah untuk melaksanakan piket serta beliau meminta untuk selalu cuci tangan, agar tubuh kita terbebas dari Covid – 19 tersebut, sehingga harapannya agar Covid – 19 segera hilang dari kota Surabaya, apalagi setelah ini akan memasuki bulan Suci Ramadhan sehingga bisa puasa dengan aman dan nyaman untuk menjalankan ibadah puasa.
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar