APENSO INDONESIA

header ads

INDAHNYA SAHABAT DATANG MEMBAWA TAHU BAKSO UNTUK MENU BUKA PUASA PENULIS DAN KELUARGA

“INDAHNYA SAHABAT DATANG MEMBAWA TAHU BAKSO UNTUK MENU BUKA PUASA PENULIS DAN KELUARGA”

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Tahu Bakso adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Kota Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini dibuat dari tahu yang tengahnya diberi isi bakso. Makanan ini memiliki ciri khas dihidangkan dengan sambal kecap dengan irisan cabe rawit dan saus bumbu kacang.

Di dalam perkembangannya, tahu bakso menjadi makanan khas warga Semarang. Hampir di setiap warung makan, di Semarang selalu menyediakan tahu bakso sebagai kudapannya. Tiga pelopor tahu bakso yang terkenal di Ungaran adalah tahu bakso Ibu Pudji, tahu bakso Ibu Wahyu, dan tahu bakso mahasiswa kampus Universitas Diponegoro. 

Secara umum, tahu bakso hadir dalam dua sajian pilihan, yakni goreng maupun rebus. Cara penyajiannya pun sangat khas, yakni dikemas dalam kotak bungkus makanan maupun keranjang rajutan. Saat ini tahu bakso dapat ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh cita rasa khas Semarang.

Pada hari Minggu, 18/4/2021 SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo sekitar pukul 12.00 kedatangan tamu yaitu bapak ANAS FAUZI, S.Pd Kepala SMP MUJAHIDIN dan bapak SYAHRUL, S.Pd Kepala SMP Kemala Bhayangkari 6 Surabaya.

Kedatangan beliau ke SMP PGRI 6 Surabaya yaitu mengantarkan pesanan dari Penulis yaitu Tahu Bakso. Di samping menyerahkan dagangannya, Cak ANAS FAUZI, S.Pd Kepala Sekolah kelahiran 17 APRIL 1974 mengobrol banyak dengan Penulis yang juga alumni UNESA jurusan PLS tersebut dan Kak SYAHRUL, S.Pd alumni jurusan Matematika UNIPA, sambil tidur – tiduran. Tidal terasa waktu sudah menunjukan pukul 14.00 Cak ANAS FAUZI, S.Pd dan bapak SYAHRUL, S.Pd pamit pulang. Sebelum pulang Penulis memberikan buah tangan untuk di bawa pulang yaitu Kolak Pisang yang di buat oleh kakak Penulis.

Sebelum Pulang, Penulis ingin mencoba kendaraan yang dimiliki oleh Cak ANAS FAUZI, S.Pd tersebut. Ternyata Penulis tidak cukup kakinya sampai ke bawah, tetapi Penulis merasa senang SMP PGRI 6 Surabaya dipakai Tempat ber-singgah untuk Teman – Teman Kepala SMP Swasta Surabaya Utara untuk istirahat. Di samping luas, juga banyak tanaman jadi hawanya sejuk, dan enak untuk istirahat sambil menunggu buka puasa.
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar