APENSO INDONESIA

header ads

Pelajar SMP PGRI 6 Surabaya Siap Mendukung Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Peduli Berbudaya Lingkungan

“Pelajar SMP PGRI 6 Surabaya Siap Mendukung Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Peduli Berbudaya Lingkungan“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Profil Pelajar Pancasila sesuai visi dan misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana tertuang dalam dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024 : Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama : beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong - royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Project based learning menjadi salah satu metode melatih jiwa gotong - royong dan kreativitas siswa. Bukan hanya dengan membaca materi lalu diuji, melainkan juga untuk menciptakan karya. Oleh karena itu, saya mempunyai motto, kalau kita ingin melakukan transformasi pembelajaran di dalam suatu ruang kelas maka harus banyak tanya, banyak coba, banyak karya, pentingnya anak memiliki profil Pelajar Pancasila. 

Profil Pelajar Pancasila mengutamakan karakter yang dibutuhkan dalam persaingan global seperti kemampuan beradaptasi dan memiliki minat belajar hal baru. Adaptibilitas dan kemampuan belajar sepanjang hayat itu maha penting. Kalau anak kita tidak bisa melihat situasi itu situasi baru dan tidak memiliki minat dan tidak punya minat belajar sesuatu yang baru, itu masalah.

Dalam mewujudkan program Kementerian Pendidikan Nasional tentang Profil Penggerak Pancasila, serta mengajak untuk memiliki kemampuan belajar sepanjang hayat dimana SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Sabtu, 23/1/2021 seperti biasa yang harusnya digunakan kegiatan extra panahan, tetapi diganti dengan kegiatan Pendidikan Pengembangan Karakter yaitu bersih - bersih halaman sekolah. Hal ini sesuai dengan Profil Penggerak Pancasila yang di canangkan oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sebelum memulai kegiatan tersebut seluruh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya mulai dari kelas 8 dan kelas 9, serta SDS “AL-IKHLAS Surabaya mulai kelas 2-6 mengikuti senam pemanasan dahulu. Setelah itu, seluruh siswa/siswi langsung melaksanakan tugas masing – masing ada yang membersihkan kelas, menyapu, menata meja dan kursi, meggepel kelas, membersihkan jendela dengan kemonceng, membersihkan musholah, membersihkan kamar mandi (ngosek – ngosek kamar mandi), membersihkan halaman sekolah mulai pintu pagar sampai lapangan di sapu, dan ada yang membersihkan selokan juga.

Dalam kegiatan tersebut seluruh siswa/siswi baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS "AL-IKHLAS Surabaya di damping oleh ibu SRI SUPADMI, S.Pd. 

Menurut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah mengaplikasikan Program Kementerian Pendidikan Nasional yaitu Profil Penggerak Pancasila yaitu siswa SMP PGRI 6 Surabaya diharapkan dapat menerapkan sikap bergotong - royong, mandiri, serta memiliki kemampuan sepanjang hayat.

Di samping itu, bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd menyampaikan kepada siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya, SDS "AL-IKHLAS dan bapak/ibu Guru mengenai Profil Penggerak Pancasila tidak hanya disampaikan dan menjadi flayer saja, tetapi bukti aksi nyata yang dilakukan siswa maupun Guru di SMP PGRI 6 Surabaya. 

Apalagi menurut bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd bahwasannya saat ini musim penghujan makanya bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd mengajak siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya SDS “AL-IKHLAS Surabaya untuk lebih giat dan intens dalam melaksanakan peduli berbudaya lingkungan agar kondisi sekolah tampak bersih dan tiidak terkena genangan banjir. 

Sehingga siswa dan Guru SMP PGRI 6 Surabaya sehat, berkah barokah selamanya terhindar dari COVID-19 dan siswa di SMP PGRI 6 Surabaya menjadi Generasi Emas Unggul.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar