APENSO INDONESIA

header ads

RESENSI KARYA IMAM AL-GHAZALI (3)

RESENSI KARYA IMAM AL-GHAZALI (3)


Oleh : Agung Santoso
Apenso Indonesia


Assalamualaikum wr.wb. Saudaraku kaum muslim yang terhormat, hari ini seri 3 kita akan merenung karya buku ulama besar IMAM AL-GHAZALI, dengan judul JALAN PARA PENCARI ALLAH. 

Saudaraku di dalam karya buku tersebut Imam Al Ghazali mengatakan jumlah bagian tubuh manusia itu seimbang dengan alam semesta dengan bagian- bagiannya. Dengan jiwanya manusia menyerupai alam tinggi dan unsur unsur air udara, api, dan tanah hingga mirip substansi-substansi tanah atau menyerupai unsur binatang dengan ruh kebinatangannya atau menyerupai tetumbuhan yang berkembang dengan otot - otot, pertumbuhan, dan makanannya, juga menyerupai benda - benda mati dengan tulang-tulangnya. Inilah keserupaan yang menyeluruh. 

Selanjutnya, bandingkan lah bagian - bagian tubuh manusia dengan alam, kita akan melihat kemiripan - kemiripan. Dan ketika di kubur dengan di bungkus dengan kain kafan, dalam perjalanannya akan hilang jasad kita menyatu dengan tanah. Maka kata meninggal maknanya dalam kita meninggalkan alam nyata menuju pertanggungjawaban kepada Allah. #agung#





Posting Komentar

0 Komentar