APENSO INDONESIA

header ads

MAKASIH DEPARTEMEN MATEMATIKA ITS DAPAT ILMUNYA DAPAT PULSA NYA

“MAKASIH DEPARTEMEN MATEMATIKA ITS DAPAT ILMUNYA DAPAT PULSA NYA“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia


   Berpikir komputasional dibangun dengan dasar dan batasan proses komputasi, entah proses tersebut dieksekusi oleh manusia atau mesin. Metode dan model komputasional memberikan kemampuan bagi kita untuk memecahkan masalah dan mendesain/ merangkai sistem yang tidak bisa kita tangani sendiri. 

   Berpikir komputasional adalah kemampuan dasar untuk setiap orang, bukan hanya bagi orang-orang yang berkutat dalam studi komputer-sains. Berpikir komputasional mencakup pemecahan masalah, mendesain sistem, dan memahami perilaku manusia, dengan menggambar konsep berdasarkan komputer sains. Berpikir komputasional meliputi batasan kemampuan mental yang merefleksikan betapa luasnya cakupan komputer-sains. 

   Komputer sains adalah studi komputasi-mengenai apa yang dapat dikomputasikan dan bagaimana mengkomputasikan Ilmu, sains, atau ilmu pengetahuan (Inggris : science; Arab : العِلْـمُ) adalah usaha-usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti.

   Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya. Ilmu bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berpikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya.

   Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi, dengan kata lain ilmu terbentuk dari 3 cabang filsafat yakni ontologi, epistemologi, dan aksiologi, jika ketiga cabang itu terpenuhi berarti sah dan diakui sebagai sebuah ilmu. Ilmu alam hanya bisa menjadi pasti setelah lapangannya dibatasi ke dalam hal yang bahan (material saja), atau ilmu psikologi hanya bisa meramalkan perilaku manusia jika lingkup pandangannya dibatasi ke dalam segi umum dari perilaku manusia yang konkret.

   MKKS SMP Swasta Surabaya Utara adalah lembaga perkumpulan Kepala SMP Swasta di wilayah Surabaya Utara dimana mulai tanggal 5, 8, 12, dan 15 Agustus 2020 telah melaksanakan kegiatan Webinar Workshop Pembelajaran Berpikir Komputasional (Computational Thinking) yang diadakan oleh MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dengan Departemen Matematika ITS.

   Alhamdulilah, tidak terasa acara Webinar Pembelajaran Berpikir Komputasional (Computational Thinking) telah selesai dilaksanakan. Dimana pada hari Sabtu, 22/8/2020 Tim Panitia Webinar Pembelajaran Berpikir Komputasional (Computational Thinking) dari ITS  membagikan pulsa sebesar Rp50.000, - kepada Guru – Guru Peserta Webinar Pembelajaran Berpikir Komputasional (Computational Thinking) yang dikirim ke nomor Guru masing - masing. 

   Menurut Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara sekaligus Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bahwasannya pemberian pulsa sebesar Rp50.000 adalah pengganti uang konsumsi, tapi karena Pandemi COVID - 19 uang konsumsi di ganti pembelian pulsa. Menurut Peserta dari SMP KHM NUR Surabaya, bapak KHUSNUL YAKIN, S.Pd beliau berterimakasih kepada MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dan Departemen Matematika ITS sudah memberikan pulsa sebesar Rp50.000,-.

   Bagi Peserta Webinar Pembelajaran Berpikir Komputasional (Computational Thinking), dimana menurut Pak KHUSNUL YAKIN, S.Pd bahwasannya pulsa tersebut bisa untuk kegiatan Pembelajaran Daring yang membutuhkan Kuota Internet. Di akhir penutup bapak KHUSNUL YAKIN, S.Pd menyampaikan bahwa “DAPAT ILMU-NYA DAPAT PULSA-NYA“
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar