APENSO INDONESIA

header ads

Ajak Siswa Indahnya Berbagi Untuk Orang Tua Siswa Yang Meninggal

“Ajak Siswa Indahnya Berbagi Untuk Orang Tua Siswa Yang Meninggal“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia

   Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata berbagi? Sebagian orang mengatakan bahwa berbagi itu membuatnya bahagia dan merasa lega, walaupun pada kenyataannya dengan berbagi kita akan kehilangan sesuatu. Kemudian apakah berbagi hanya berupa uang ataupun materi? Tentu tidak!!! Karena dengan tersenyum pun kita sudah berbagi dan pada hakikatnya berbagi itu merupakan suatu kegiatan membantu orang yang akan menghasilkan kebaikan dan kemudahan bagi orang lain.

   Dengan berbagi bisa membuat kita lebih perduli terhadap orang lain, terumata kepada orang-orang yang membutuhkan, contohnya saja orang-orang miskin yang ada di jalan, ketika kita beri rezeki walaupun sedikit mereka sudah senang, kemudian membuat hidup lebih berwarna dan bermakna, serta dapat mengungkapkan rasa syukur kita akan hidup.

   Lalu, apa saja indahnya saling berbagi? Pertama, ketika kita berbagi maka kenikmatan yang akan diperoleh. Kedua, ketika kita berbagi sedekah, maka pahala yang kita dapatkan. Ketiga, ketika kita berbagi ilmu, semakin bertambah ilmu yang kita dapatkan dan ketika kita berbagi harta, jangan khawatir akan berkurang karena Allah SWT. Akan menambah serta melipatkan gandakan harta yang kita beri tersebut.

   Seperti yang tercantum dalam Q.S Saba: 39. Artinya : Katakanlah : "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)". Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya."

   Dari ayat di atas sudah diterangkan bahwasanya ketika kamu memberi apapun itu, uang ataupun materi, membantu dengan tenaga, bahkan hanya tersenyum sekalipun maka Allah akan menggantinya karena Dia Maha Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.

  Seperti dalam sebuah hadist "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain." maka dari itu jangan takut berbagi kepada orang lain yang artinya kita bermanfaat bagi orang tersebut, juga membuat diri kita menjadi lebih perduli terhadap sesama, menjadi ihsan yang lebih berguna, dan yang paling penting bisa membuat orang lain tersenyum bahagia.

   Dalam Masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini seluruh Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir, dimana pada hari Selasa, 28/7/2020 Ibu Honiseh Wali Murid dari AMANDA RAHMADANI NAZELA Siswa Kelas 8 Meninggal Dunia pada pukul 10.30.

   Dalam rangka membangkitkan semangat berbagi kepada sesama, pada hari Rabu, 29/7/2020 seluruh Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya didampingi oleh Orang Tua mereka masing-masing datang ke Sekolah SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya untuk mengumpulkan Beras untuk di Sumbangkan kepada AMANDA RAHMADANI NAZELA yang Orang Tuanya Meninggal Dunia.

   Menurut Bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Alumni Jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 Bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah mengajak seluruh Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya yang merupakan Sekolah Satu Atap untuk Hidup saling berbagi di masa Pandemi COVID-19 seperti saat ini, walaupun hanya Beras tapi bagi AMANDA RAHMADANI NAZELA sangat berarti Sumbangan dari Rekan–Rekan SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya. Di saat Teman–Teman yang lain berbahagia, AMANDA RAHMADANI NAZELA merasa sedih karena ditinggal oleh Ibunda tercinta.

   Menurut Bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd bangga kepada AMANDA RAHMADANI NAZELA walaupun ditinggal oleh Orang Tuanya tetapi Semangat beliau untuk mengenyam Pendidikan sangat tinggi dimana setiap hari Tugas Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) dari seluruh Guru–Guru dikerjakan dengan baik dan tepat waktu. Pada hari Kamis, 30/7/2020 Ibu SRI SUPADMI, S.Pd bersama Ibu DUWI LESTARI, S.E mendatangi rumah AMANDA RAHMADANI NAZELA di ENDROSONO 7/34 untuk mengantarkan 2 karung Beras Sumbangan fari Rekan-Rekan dari SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya.

   Ternyata dari ENDROSONO 7/34 rumah beliau sudah pindah dejak 2 bulan lalu di Daerah Kedung Mangu. Akhirnya Bu SRI SUPADMI, S.Pd dan Ibu DUWI LESTARI, S.Pd akhirnya mengantarkan Sumbangan tersebut ke daerah Kedung Mangu. Semoga Amal Ibadah dari Rekan–Rekan SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya serta semoga amal dari Ibu SRI SUPADMI, S.Pd dan Ibu DUWI LESTARI, S.E diterima Allah S.W.T serta demoga dosa-dosa dari Almarhumah Ibu HONISEH diampuni Allah serta semoga amal ibadah Almarhumah Ibu HONISEH diterima Allah S.W.T.

   Menurut MEI RATNA SUSANTI, S.Si beginilah kondisi di SMP PGRI 6 Surabaya fan SDS “AL-IKHLAS Surabaya walaupun Siswa di Sekolah kami, tapi kepedulian kepada desama sangat ditekankan khususnya bagi keluarga yang meninggal.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat

Posting Komentar

0 Komentar