APENSO INDONESIA

header ads

DUNIA BARU


DUNIA BARU
Oleh : Gempur Santoso


Zaman akhir ini tak ada yang baru. Kalau ngikuti Kyai H. Maimun (almarhum), antara tiap 500 tahun ganti/tambahan ilmu yang dipakai. Apakah akhir-akhir ini akan ganti pedoman kebenaran. Kita tak tahu.

Waktu zaman Nabi. Pedoman kebenarannya Nabi dan Kitab Sucinya. Nabi wafat, pedomannya, Kitab Suci dan sunah rasullullah/nabi.

Setelah itu. Pedoman hidup selain Kitab Suci dan Kitab Sunah, ditambah kitab hasil "ijtihat". Setelah sampai "ijtihat", saat ini, apa tambahan sebagai pedomannya untuk selanjutnya?.

Zaman ini juga disebut zaman internet, zaman digital atau zaman milenial. Dulu, tak ada. Adakah atau tidak ada perubahankah pedoman hidup?

Pada zaman milenial yang muncul. Dan, yang paling sulit dibasmi adalah virus corona atau Covid-19. Di Wuhan awalnya. Saat ini Wuhan diyatakan bebas Covid-19, kadang muncul, ada orang terkena virus corona juga.

Adanya virus corona di tempat yang kena kebijakan PSBB (pembatasan sosial berskala besar). Kini, ada Masjid ditutup, muslim di romadhon taraweh di rumah saja, tadarus di rumah saja. Dilarang mudik.  Jadi, seakan hindari Masjid atau Musholla. Agar tak ada orang berkerumun. Sebab saat berkerumun, virus corona akan menular ke sesama. Begitu analisisnya.

Ada yang kurang puas, tapi tak berani ngomong, mall-mall dan pasar kok dibuka? Disitu juga tempat orang berkerumun?.

Itu untuk ativitas ekonomi dan kebutuhan bahan pangan. Harus mengikuti protokol kesehatan. Klasik.

Virus corona memang jelek. Merepotkan manusia. Tapi kebiasaan preventif atas corona, budayanya cukup sehat. Misal : budayakan bermasker untuk nafas menyaring debu nafas jadi sehat, caring (manas pagi hari) akan dapat vitamis D, membiasakan cuci tangan agar tidak kotor, budaya bersih makin dilakasanakan.

Bersih menjadi kebiasaan. Sesuai ajaran agama "kebersihan adalah sebagian dari iman". Pepatah "kebersihan pangkal kesehatan". Rapi bersih memang penting.

Tampaknya virus tak akan musnah di dunia ini. Dan, sejak dulu di dunia ada virus. Jumlah orang di dunia makin bertambah banyak.

Kemungkinan. Agar tetap sehat dan kuat dari virus. Kebenaran akan terjadi adalah : imunitas tubuh harus kuat, makanan dan tempatnya sehat, serta bersih. Juga, selalu pakai alat pelindung diri (APD). Misal APD : bermasker, pakai disinfektan, jaga jarak, dan sebagainya. Pola ngantor, sekolah/kuliah juga akan berubah. Online.

Apakah cara hidup di dunia akan berubah, disebut baru, walau lama kemasan baru. Ya... Allohualam.
Semua sehat ya...aamin.
(GeSa)


Posting Komentar

0 Komentar