APENSO INDONESIA

header ads

“Ajak Warga Sekolah Jaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan Sekolah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19“

“Ajak Warga Sekolah Jaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan Sekolah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19
Oleh : H. Banu Atmoko
Sahabat Apenso Indonesia


Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19.

Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia.

Walaupun lebih bayak menyerang lansia, virus ini sebenarnya bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Infeksi Virus Corona disebut COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan.

Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran Virus Corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia). Selain Virus SARS-CoV-2 atau Virus Corona, virus yang juga termasuk dalam kelompok ini adalah virus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan virus penyebab Middle-East Respiratory Syndrome (MERS).

Meski disebabkan oleh virus dari kelompok yang sama, yaitu coronavirus, COVID-19 memiliki beberapa perbedaan dengan SARS dan MERS, antara lain dalam hal kecepatan penyebaran dan keparahan gejala.

Dalam rangka menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah untuk mencegah penyebaran Covid-19, pada hari Minggu 3/5/2020 SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir, Kepala SMP PGRI 6 Surabaya, Bapak BANU ATMOKO, S.Pd., Kepala SDS “AL-IKHLAS Surabaya, Ibu ANIS LAILY MUFIDAH, S.Pd., melakukan kegiatan bersih – bersih sekolah di mulai dari menyapu halaman gerbang sekolah menyapu teras, serta yang terakhir adalah membersihkan wastafel (tempat cuci tangan), serta menyiapkan sabun di tempat wastafel tersebut.

Menurut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Alumni UNESA Jurusan PLS kelahiran April 1984 BANU ATMOKO, S.Pd bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah untuk mencegah penyebaran COVID-19, sehingga diharapkan COVID-19 segera berakhir dari Bumi ini.

Dalam kesempatan yang baik ini BANU ATMOKO, S.Pd Kepala SMP PGRI 6 Surabaya berharap agar COVID–19 segera hilang dari muka bumi ini dan Banu Atmoko mengimbau kepada seluruh Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya, serta seluruh Masyarakat selalu memakai masker, serta sarung tangan dimanapun berada termasuk jika ada di sekolah untuk melaksanakan piket serta beliau meminta untuk selalu cuci tangan agar tubuh kita terbebas dari COVID–19 tersebut, sehingga harapannya agar COVID–19 segera hilang dari kota Surabaya.

Apalagi bulan ini sudah memasuki bulan Suci Ramadhan, sehingga bisa puasa dengan aman dan nyaman untuk menjalankan ibadah puasa maupun amalan ibadah di Bulan Ramadhan.

#TantanganGuruSiana 
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat

Posting Komentar

0 Komentar