APENSO INDONESIA

header ads

“AJARKAN SISWA NGATUR LANTAS UNTUK TERTIB DI JALAN“

“AJARKAN SISWA NGATUR LANTAS UNTUK TERTIB DI JALAN“
Oleh : H. Banu Atmoko
Partner Apenso Indonesia


Pengaturan Lalu – Lintas = Memberitahu kepada pemakai jalan tentang bagaimana dan dimana pemakai dapat bergerak, berhenti/merobah arah terutama pada kemacetan/keadaan darurat di jalan.

Yang dimaksud jalan adalah suatu sarana perhubungan darat dalam bentuk apapun yang menghubungkan suatu daerah dengan daerah lain dan bangunan yang ada disekitarnya yang diperlukan lantas.

Tujuan pengaturan lalu lintas adalah pengendalian arus lantas agar dapat berjalan dengan tertib dan lancar, mengatasi kemacetan arus lantas di jalan, mempengaruhi pemakai jalan untuk patuh terhadap Perundang – Undangan Lantas yang berlaku.

Selain itu, untuk masyarakat pengguna jalan agar mengerti dan memahami arti gerakan pengaturan lalu lintas yang dilakukan oleh petugas di jalan raya supaya tidak terjadi salah penafsiran yang bisa berakibat fatal terjadinya kecelakaan.

Sederhana tapi kalau gak dihafalkan lumayan bikin repot dalam mengatur arus lalu lintas. Hal ini terkandung maksud agar terciptanya kamtibcar lantas sehingga masyarakat pengguna jalan yang sedang menuju tempat kerja, tempat usaha ataupun aktifitas lainnya merasa terlayani oleh Polri.

Berikut 12 Gerakan pengaturan lalu lintas :
1. Menghentikan arus dari segala arah,
2. Menghentikan arus dari arah depan petugas,
3. Menghentikan arus dari arah belakang petugas,
4. Menghentikan kendaraan dari arah depan & belakang petugas,
5. Menghentikan arah tertentu,
6. Menjalankan arus dari arah kanan petugas,
7. Menjalankan arus dari arah kiri petugas,
8. Menjalan arus dari arah kanan dan kiri petugas bersamaan,
9. Mempercepat kendaraan dari arah kiri petugas,
10. Mempercepat arus dari arah kanan petugas,
11. Memperlambat kendaraan dari arah depan petugas,
12. Memperlambat kecepatan arus dari arah belakang petugas.

SMP PGRI 6 Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir. Pada hari Rabu 5/2/2020, Kak Syahrul pria kelahiran November 1986 tersebut pukul 15.00 mengajarkan materi Pramuka tentang Pengaturan Lalu Lintas (GATUR LANTAS). Dimana seluruh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya langsung ikut memperagakan instruksi yang disampaikan Pelatih yang juga Alumni Jurusan MATEMATIKA UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA Surabaya.

Menurut Nur Halisa, siswa kelas 8 SMP PGRI 6 Surabaya beliau sangat senang dengan materi tersebut. Dimana Pramuka tidak hanya di ajarkan tepuk saja, tetapi juga seperti saat ini. Menurut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya, Bapak Banu Atmoko, S.Pd bahwa tujuan dari kegiatan SMP PGRI 6 Surabaya dapat mengatur lalu lintas, sehingga dalam kondisi macet mereka dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Disamping itu, menurut Kepala Sekolah Alumni Jurusan PLS UNESA tersebut bahwa tujuan dari kegiatan tersebut mengajak seluruh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya untuk tertib dan DISIPLIN dalam berlalu lintas.*

Posting Komentar

0 Komentar