APENSO INDONESIA

header ads

Tingkatkan Kopetensi Kepala LAB Komputer Dengan Pelatihan”

“ Tingkatkan Kopetensi Kepala LAB Komputer Dengan Pelatihan”
Oleh: H. Banu Atmoko
APENSO OF PARTNER

APENSOINDONESIA.COM --- Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Jaringan komputer dibangun dengan kombinasi hardware dan software. Untuk membuat jaringan komputer, switch dan router menggunakan berbagai protokol dan algoritma untuk bertukar informasi dan untuk membawa data ke titik akhir yang diinginkan.

Setiap titik akhir (kadang disebut host) dalam jaringan memiliki pengenal unik, sering kali alamat IP atau alamat Media Access Control yang digunakan untuk menunjukkan sumber atau tujuan transmisi. Endpoint dapat mencakup server, komputer pribadi, telepon, dan berbagai jenis hardware jaringan. Jaringan komputer juga mungkin dibuat dengan menggunakan gabungan teknologi kabel dan wireless.

 Perangkat jaringan berkomunikasi melalui medium transmisi kabel atau wireless. Untuk jaringan yang menggunakan kabel, Anda mungkin membutuhkan optical fiber, coaxial cable, atau kabel tembaga. Sementara itu, jalur jaringan wireless termasuk jaringan komputer yang menggunakan koneksi data wireless untuk menghubungkan titik akhir. Titik akhir ini termasuk radio siaran, radio seluler, microwave, dan satelit.

Jaringan bisa menjadi private atau publik. Jaringan private biasanya memerlukan user untuk memasukkan kredensial untuk mengakses jaringan. Biasanya, ini diberikan secara manual oleh administrator jaringan atau diperoleh langsung oleh pengguna melalui kata sandi atau dengan kredensial lainnya. Jaringan publik seperti internet tidak membatasi akses.

Di luar sana ada banyak jenis jaringan komputer. Berikut ini adalah beberapa jenis jaringan komputer yang mungkin sering Anda lihat.
LAN (Local Area Network)
LAN menghubungkan perangkat jaringan dalam jarak yang relatif pendek. Sebuah gedung kantor, sekolah, atau rumah jaringan biasanya berisi satu LAN, meskipun kadang-kadang satu gedung akan berisi beberapa LAN kecil (mungkin satu per kamar), dan kadang-kadang LAN akan menjangkau sekelompok bangunan di dekatnya. Dalam jaringan TCP / IP, LAN sering tetapi tidak selalu diimplementasikan sebagai subnet IP tunggal.
Selain beroperasi dalam ruang terbatas, LAN juga biasanya dimiliki, dikendalikan, dan dikelola oleh satu orang atau organisasi. Mereka juga cenderung menggunakan teknologi konektivitas tertentu, terutama Ethernet dan Token Ring.

Ada juga LAN yang menggunakan teknologi jaringan wireless dengan Wi-Fi dan dikenal dengan nama Wireless Local Area Network (WLAN).
MAN (Metropolitan Area Network)
MAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN di dalam kota yang sama. Kalau jarak yang menghubungkan dua LAN sudah tidak mungkin untuk membangun jaringan, maka jaringan MAN digunakan. Ini lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN. MAN menggunakan perangkat khusus dan kabel untuk menghubungkan LAN.
WAN (Wide Area Network)

WAN juga bisa dibilang sebagai kumpulan LAN yang tersebar secara geografis. Perangkat jaringan yang disebut router menghubungkan LAN ke WAN. Dalam jaringan IP, router menyimpan alamat LAN dan alamat WAN. WAN berbeda dari LAN dalam beberapa hal penting. Sebagian besar WAN (seperti Internet) tidak dimiliki oleh satu organisasi, melainkan ada di bawah kepemilikan dan pengelolaan kolektif atau terdistribusi. WAN cenderung menggunakan teknologi seperti ATM, Frame Relay dan X.25 untuk konektivitas jarak yang lebih jauh.

PAN (Pearson Area Network)
Sama seperti jaringan LAN, PAN biasanya mencakup wilayah yang lebih kecil seperti misalnya jaringan rumah atau kantor. Biasanya jenis jaringan ini digunakan untuk berbagi resources seperti Internet atau printer.
CAN (Campus Area Network)
CAN bisa dibilang mirip dengan MAN, tetapi terbatas pada universitas atau akademi. Jaringan ini biasanya disiapkan untuk kegiatan pendidikan seperti pembaruan kelas, praktik lab, email, ujian, pemberitahuan, dan lain lain.

Internet
Internet adalah jaringan komputer terbesar yang pernah dibuat oleh manusia. Internet menghubungkan jutaan perangkat komputasi termasuk PC, Laptop, Workstation, Server, Smartphone, tablet, TV, Webcam, CCTV dan masih banyak lagi. Menurut laporan yang diterbitkan pada Januari 2018, ada 2150 juta sistem akhir yang terhubung dengan internet. Untuk menghubungkan perangkat ini, banyak teknologi dan infrastruktur yang digunakan. Internet terbuka untuk semua orang. Karena siapa saja bisa terhubung ke internet, internet juga dianggap sebagai jaringan yang paling tidak aman.
VPN (Virtual Private Network)
VPN adalah solusi untuk menyediakan koneksi Internet yang aman

. Sebagai contoh, sebuah perusahaan memiliki dua kantor; satu di Jakarta dan lainnya di Bandung. Dalam hal ini perusahaan dapat menggunakan VPN untuk menghubungkan kedua kantor tersebut. VPN membuat jalur aman di Internet dan bisa digunakan untuk transmisi data.

Dalam jaringan komputer, topologi mengacu pada tata letak perangkat yang terhubung. Topologi bisa dibilang sebagai bentuk atau struktur virtual jaringan. Bentuk ini tidak selalu sesuai dengan tata letak fisik sebenarnya dari perangkat di jaringan. Sebagai contoh, komputer di jaringan rumah dapat diatur dalam lingkaran di ruang keluarga, tetapi sangat tidak mungkin untuk menemukan topologi cincin di sana.

Topologi jaringan dikategorikan ke dalam tipe dasar berikut:
Bus (bis)
Ring (cincin)
Star (bintang)
Tree (pohon)
Mesh (jala)
Jaringan yang lebih kompleks dapat dibangun sebagai hybrid dari dua atau lebih dari topologi dasar di atas.

Dalam mewujudkan Kompetensi Kepala LAB Komputer  Di wilayah SMP Swasta Surabaya Utara , Pada Hari  Kamis 19/12/2019  Mengadakan Pelatihan Jaringan  Komputer  yang diadakan di  Jurusan Matematika ITS .

 Dalam kesempatan tersebut Pelatihan Kepala LAB Komputer tersebut di ikuti sebanyak 50 Kepala LAB Komputer SMP Swasta Se Surabaya Utara  , Sambutan MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Dalam hal ini di sampaikan oleh Bapak H. BANU ATMOKO , S.Pd , dalam sambutannya Sekretaris MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Kelahiran APRIL 1984 Tersebut  bahwa kegiatan ini adalah Kegiatan Lanjutan Dari Program  Kerjsama Antara ITS Dengan MKKS Surabaya Utara Pada saat Pelatihan GEOGEBRA.

Beliau  berharap Pelatihan Jaringan tersebut dapat di aplikasikan ke dalam sekolah masing – masing , Serta Kegiatan  Pelatihan Kepala LAB Komputer Ini  dalam rangka Untuk Persiapan  VISITASI AKREDITASI Sesuai Permendikbud 26 Tersebut Tentang kompetensi Kepala Laboratorium Komputer , Bapak Banu Atmoko , .SPd yang Juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya berharap agar kerjasama Dalam rangka peningkatan SDM tersebut antara ITS Dengan MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dapat berlanjut.

Dalam kesempatan tersebut kegiatan ini di hadiri Pengurus MKKS SMP Swasta Surabaya Utara di antaranya Bapak Drs. H. ASIF CHOZIN  M.M , Kepala SMP KAWUNG 1 Surabaya , Bapak Drs. MAHFUDZ , M.Pd . I Kepala SMP  Romly Tamim , Bapak AINUL YAQIN , S.Si Kepala SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya , Bapak SYAHRUL , S.Pd Selaku Kepala  SMP BHAYANGKARI 6 Surabaya.
Dalam kegiatan ini di hadiri oleh Bapak Kepala Bidang Sekolah Menengah Dinas Pendidikan Kota Surabaya Bapak Drs. Sudarminto ,M.Pd dan Ibu KASIE kurikulum Sekolah Menengah Dinas Pendidikan Kota Surabaya Ibu ISWATI ,S.Si dalam sambutannya Bapak Kepala  Bidang Sekolah  Menengah Dinas Pendidikan Kota Surabaya MKKS Utara Menjadi Lembaga Yang Luar Biasa Karena Kegiatan Tersebut Membantu Mendukung Kegiatan Dinas Pendidikan Kota Surabaya Seperti PELATIHAN MATEMATIKA GEOGEBRA , Pelatihan PERPUS , Pelatihan Tenaga TU Dan Sekarang PELATIHAN KEPALA LAB KOMPUTER  Pelatihan Se kecil apapun .

Di Aplikasikan Pasti Bermanfaat Untuk  Orang Lain Kegiatan  PELATIHAN JARINGAN INI Mendukung Pelaksanaan UNBK Di Kota Surabaya  Kegiatan   Ini Mendukung PROGRAM PEMKOT SURABAYA  Seperti RAPOT ON LINE , USBN- BK , SIPKS , SIAGUS Dan PKKS Serta PKG Dan PKB  Yang semua dilakukan secara On Line .

Dalam kesempatan tersebut di serahkan 2 ( Dua )  buah Vandel dari MKKS SMP Swasta Surabaya Utara  , Vandel Dari MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Untuk Kepala DEPARTEMEN MATEMATIKA ITS Di Serahkan oleh Bapak Drs. H.ASIF CHOZIN ,M.M , Vandel yang kedua dari MKKS Utara di serahkan Oleh Sekretaris MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Bapak H. Banu Atmoko , S.Pd menyerahkan Vandel  Kepada Bapak Kepala Bidang Sekolah Menengah  Dinas Pendidikan Kota Surabaya .

Selesai ISHOMA seluruh Peserta  Kepala LABORATORIUM  Komputer melakukan Praktek untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki oleh Kepala LAB Komputer tersebut yaitu praktek Krimping ,Peserta Pelatihan dengan Ngobrol sangat senang sekali mengikuti pelatihan ini , Menurut Ibu Mei RATNA SUSANTI , S.Si Kepala LABORATORIUM Komputer dari SMP PGRI 6 Surabaya beliaunya sangat Senang dengan Pelatihan ini , Apalagi Pelatihan Ini bisa menunjang LAB Komputer Di Sekolah , apalagi dalam rangka Persiapan UNBK , Serta kegiatan tersebut adalah Kompetensi dari Seorang Kepala LABORATORIUM KOMPUTER , Sehingga ada Pengakuan terhadap Kepala LAB Komputer. (Ba)

Posting Komentar

0 Komentar