APENSO INDONESIA

header ads

PELUKIS DJAGAD NGADIANTO TIDAK PERNAH JENUH BERKARYA.

Berita Kesenian:

PELUKIS DJAGAD NGADIANTO
TIDAK PERNAH JENUH BERKARYA
Oleh: Kris Mariyono
Director Jurnalism

APENSOINDONESIA.COM --- Keseriusannya dalam berkecimpung di ranah seni lukis tidak menyurutkan langkah Djagad Ngadianto dalam mewujudkan proses kreatifitasnya menggoreskan kuasnya di atas media kanvas. Selama malang melintang di dunia seni lukis sejak era 90 an pelukis kelahiran Bojonegoro sekitar 42 tahun lalu memang belum pernah merasakan aktifitas pameran tunggal meski sudah puluhan kali mengikuti pameran bersama di dalam dan diluar kota Sidoarjo-Surabaya.

"Ya kalau pameran bertiga saya lakukan sejak tergabung dalam Komunitas Perupa Delta (Komperta) sebelumnya aktif mengikuti pameran bersama" Ungkap Djagad yang ikut mendirikan Komperta di tahun 2015. Pria yang menyukai corak impresionisme itu masuk Surabaya tahun 2000 dan terus berkarya hingga kini disel-sela kesibukannya dibidang percetakan.

"Tahun 2004 saya sudah terlibat kegiatan pameran lukisan bersama Muit Arsa koordinator Komunitas Pelukis Muda Surabaya (Kosmubaya ). Semua katalog pameran lukisan Kosmubaya sejak tahun 2004 hingga sekitar tahun 2010 keatas saya yang mencetak." Bangga Djagad sembari menambahkan 2015 pihaknya meninggalkan Kosmubaya.

"Sebenarnya tidak ada persoalan apa-apa ya karena ingin suasana baru sekaligus mengangkat pelukis lokal Sidoar " Ujar Djagad yang kini memiliki sekitar 50 karya produksi tahun 2010 hingga sekarang.

Berbicara perkembanga di era sekarang ini menurut Djagad di Surabaya Jawa Timur mengalami kemajuan yang cukup pesat kendati kurang ditunjang sarana pameran seperti di Galerry. "Di Surabaya masih lumayan ada beberapa galerry tapi di daerah seperti Sidoarjo alih-alih Galery gedung kesenian yang memadai untuk pameran dan pertunjukan aeni saja boleh dikatakan belum ada " Tutur Djagad yang berkeinginan pameran tunggal di Surabaya

"Ya di Surabaya kami ingin pameran tunggal di hotel.Untuk itu perlu persiapan karya dan finansial " Tandasnya mantap sembari menambahkan adanya rencana pameran Komperta di Jakarta. (Km)

Posting Komentar

0 Komentar