APENSO INDONESIA

header ads

“ Ajarkan Anak Ketangkasan Melalui Permainan “

Catatan dan berita pendidikan:


“ Ajarkan Anak  Ketangkasan Melalui Permainan “
Oleh: H. Banu Atmoko
Guru
SAHABAT APENSOINDONESIA.COM


Di lingkungan yang masih terlihat keakraban antar anggota masyarakat, banyak permainan yang dilakukan oleh anak-anak secara beramai-ramai dengan teman-teman mereka di halaman atau di teras rumah. Mereka berkelompok, berlarian, atau duduk melingkar memainkan salah satu permainan dan tercipta keakraban.

Beberapa permainan ini karena tercipta pada masa yang lama berlalu disebut dengan permainan tradisional, sedangkan di sisi lain beberapa permainan yang lebih akhir (dan biasanya menggunakan peralatan yang canggih) disebut permainan modern.

Di lingkungan yang masih terlihat keakraban antar anggota masyarakat, banyak permainan yang dilakukan oleh anak-anak secara beramai-ramai dengan teman-teman mereka di halaman atau di teras rumah. Mereka berkelompok, berlarian, atau duduk melingkar memainkan salah satu permainan dan tercipta keakraban. Beberapa permainan ini karena tercipta pada masa yang lama berlalu disebut dengan permainan tradisional, sedangkan di sisi lain beberapa permainan yang lebih akhir (dan biasanya menggunakan peralatan yang canggih) disebut permainan modern.

Sportivitas adalah bagian dari kepribadian, bagian dari karakter. Sportivitas mempunyai arti orang yang melakukan olahraga harus memiliki kejujuran dan sikap ksatria dalam bertindak dan berprilaku saat berolahraga, seperti disiplin, mengikuti ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan atau disepakati bersama, terutama saat mengikuti suatu pertandingan olahraga.

Sifat sportivitas itu bisa muncul karena ada dorongan dari dalam diri kita yang mana apabila kita melakukan tindakan anarkis atau memakai doping pada saat pertandingan itu adalah tindakan yang salah besar. Selain itu sifat sportivitas yang timbul pada diri kita adalah ajaran dari orang tua kita yang diberikan kepada kita pada waktu kita kecil.

SMP PGRI 6 Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir , Pada Hari Rabu 18/9/2019 , Tim Pramuka SMP PGRI 6 Surabaya Baik Tim Putra Maupun Tim Putri , Dan Tim SDS “ AL-IKHLAS Surabaya  Baik TIM Putra Maupun Tim Putri.

Permainan Ketangkasan yang dilakukan Tim Pramuka SPEGRINAM Surabaya Dan AL – IKHLAS Surabaya adalah  PASER , Dimana PASER  Nya ada Angka – Angka Nya , Setelah Dari PASER , Menuju Ke BAMBU Untuk Melakukan Kegiatan Meniti diatas Bambu.

Selesai dari Meniti Seluruh siswa Melempar Bola Dan Ada Yang Menerima Dengan menggunakan tempat , Selesai Itu Permainan Ketangkasan yaitu Holahop, Dalam Kesempatan tersebut Kak Syahrul  S.Pd Pelatih Pramuka SMP PGRI 6 Surabaya Kelahiran November tersebut memberikan Masing – masing contoh dari permainan.

Seluruh siswa / Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “ AL-IKHLAS Surabaya Bahagia bisa ikut bermain Ketangkasan tersebut , Menurut Bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Bapak H. Banu Atmoko , S.Pd bahwa tujuan dari permainan ini adalah melatih Ketangkasan dan sportivitas dari siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya , Serta Kepala Sekolah Kelahiran April Tersebut menyampaikan bahwa Pramuka Itu sangat Menyenangkan , makanya hari ini seluruh siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “ AL-IKHLAS Surabaya di ajak bermain ketangkasan dan bersenang – senang agar tidak jenuh. (BA)




Posting Komentar

0 Komentar