APENSO INDONESIA

header ads

DIGARUK-DIALOG GARENG PETRUK: BARANG IMPOR DAN KOMPOR

DIGARUK-DIALOG GARENG PETRUK:
BARANG IMPOR DAN KOMPOR
Oleh: Kris Mariyono
Director Jurnalism
APENSOINDONESIA.COM


Gemah Ripah Lohjinawi, Subur makmur dan Seger Waras, sebagai slogan motivasi Negeri Karang Kedempel Merdeka (NKKM) tidak pernah jenuh dikumandangkan untuk seluruh warga negeri. Disisi lain Kemakmuran negeri Kata Petruk, perlu diimbangi kemandirian pangan dan SDM bukan Susu Daging Madu melainkan Sumber Daya Manusia.

"Kang Gareng...hallo apa yang kau pikirkan" Ujar Petruk bernada tinggi sembari melirik kang Gareng yang ada disampingnya sambil termenung.

"Ya Truk..Ke Pyong Yang beli kenikir ..yang sedang saya pikir masalah kompor dan Impor ,memang saling bersinggungan tapi kok ya tidak nyambung hahhaha" Kata Kang Gareng sembari tersenyum.

"Kang Gareng anda iti..itu jangan membuat suasana menjadi hangat dan galau gara-gara Kompor dan Impor, yang seharusnya ti─Ćak disandingkan tapi direnungkan, karena Kompor itu barang dan Impor kata kerja kaitannya kerja atau tindakan ..begituloh Kang" Ungkap Petruk sembari bergaya seperti Dosen Bahasa Tutur.

"Ya kamu anggap seperti cerita drama Radio Tutur Tinular yang berjaya di era tahin 90 gitu Kang "Kilah Petruk yang menyoroti persoalan Kompor dan Impor yang semakin menghangat .

"Kalau masalah Kompor yang semakin menghangat jelas jika hidup memang berkaitan erat hangat dan panas kecuali kompor mati dan Impor juga semaki meningkat aktifitasnya dari Impor Peniti,Gula dan dasyat lagi Impor Pimpinan Perguruan Negeri " Imbuh Petruk seperti satu porsi penuh.

"Ke Surabaya beli Roti dan Gergaji...saya cermati dan saya kaji..memang persoalan impor itu sebenarnya persoalan klasik namun terkesan asyik menjadi materi Perbincangangan atau FDG ..Forum Dialog Golek-Golek...maaf dulur Forum Discusion Group...tidak hanya perlu disoroti tapi didorong menjadi ekspor...dan didukung kompor ...agar cepat hangat dan panas .." Urai Kang Gareng yang ikut pelatihan Eksport -Import praktis dan gratis.Petruk termenung mendengar ucapan Kang Gareng yang penuh namun perlu ditambah isinya.

"Ya Kang persoalan Impor dan Kompor saya setuju diupayakan titik temu siji pitu alias Jitu ...Impor ya perlu dikaji ..Ekpor harus ditingkatkan karena potensi Sumber Daya Ayam..ee Alam (SDA) yang melimpah ruah..." Tutur Petruk sembari mengelus hidung antiknya.

"Gus..Bagus Truk..ekpor harus digenjot ...demi meningkatkan pendapatan negeri termasuk ekspor Kompor..hahaha...Impor harus dikaji untung Ruginya..jangan sampai impor pelatih Bola Sepak yang hasilnya masih setara pelatih dalam negeri..memang kalau ingin Impor Pimpinan Perguruan Tinggi yang jos markejos jangan level tengah cari yang level atas sekalian ..." Ujar Kang Gareng berapi -api bukan api dalam sekam.

"Jika benar ekspor dan impor terwujud dengan baik maka Kompor dan SDM akan bersaing secara berimbang..ya sekali lagi SDM negeri kita ini Kang Gareng sebetulnya cukup bagus ..dan lebih KNPI..SDM asing juga tidak masalah..K.. Komitmen... N..Nasionalisme.. P...Profesional ...In...Independen.... Pokoknya Kompor Gas..jadi nyalanya halus ..dan tidak berasap ...siptull...jika diekpor hahaha..." Tandas Petruk sembari berdiri dan meninggalkan Kang Gareng yang sedang terkantuk-kantuk.

"Rasain sendirian diajak diskusi mangkok ditaruh di Batuk ..kok tambah Ngantuk ..jur ajur " Gumam Petruk sembari tertawa kecil.

(Km)

Posting Komentar

0 Komentar