APENSO INDONESIA

header ads

DIALOG GARENG PETRUK (DIGARUK): MERDEKA ...LAHIR DAN BATHIN

DIALOG GARENG PETRUK (DIGARUK):

MERDEKA ...LAHIR DAN BATHIN
Oleh: Kris Mariyono
Director Jurnalism
APENSOINDONESIA.COM

Petruk merasa bangga atas terwujudnya kedamaian di Negeri Karangkedempel Negeri Merdeka (NKKM) seiring peringatan Hari Kemerdekaan Negeri Karangkedempel yang hampir seabad. Kedamaian yang terwujud ungkap Petruk yang didampingi Kang Gareng dalam Bincang bermakna di Kampus Pendadaran Peminpin Negeri Karangkadempel, tidak terlepas dari pakem dasar terbentuknya Negeri yang gemah ripah loh jihnawi.

"Yo Kang Gareng tidak terasa Kemerdekaan negeri  Karangkedempel kita nikmati kurang lebih seperempat atau  lebih hampir seabad " Ujar Petruk sembari melirik kang Gareng .

"Ya Truk perjalanan yang yang tidak lama dalam menikmati kemerdekaan terbebas cengkeraman penjajah bangsa sebrang alias asing,dan bersyukurlah berbagai gelombang dan badai terlewati yang menjadikan bangsa kita lebih dewasa " Kata Kang Gareng yang pernah menjadi Penasehat Dewan  Peminpin Negeri.

Petruk mendengar ucapan Kang Gareng merasa perihatin adanya sekelompok masyarakat Karang Kadempel yang tidak mensyukuri terwujudnya Kemerdekaan Negeri yang diperjuangkan para Pahlawan Kemerdekaan tanpa pamrih. "Untuk menggapai Kemerdekaan negeri para pejuang  selain mengorbankan waktu, tenaga juga harta dan nyawa"Kata Petruk penuh semangat.

"Sebagai generasi pengisi kemerdekaan Truk memang sebenarnya tidak setengah hati dan menyadari di dunia atau di mayapada ini tidak ada yang sempurna " Ungkap Kang Gareng menambahkan berbeda pendapat sebenarnya biasa yang luar biasa itu  berdampak pada disharmonis.

"Yo Kang..Rambut sama hitam  belum tentu pandangannya sama ..yang pasti tujuannya sama mempertahankan dan mengisi kemerdekaan ..Ke Karangmenjangan lewat Sepanjang ..jangan diperpanjang jika terjadi perbedaan " Tandas Petruk yang menambahkan sebagai bangsa yang merdeka perlu jiwa besar dan ketulusan hati.

"Bentul kena oli ...Betul sekali Truk...sebagai bangsa yang merdeka ..harus bangga secara lahir tentang hasil yang dicapai para pemimpin tertinggi negeri untuk memajukan bangsa dan negara ..yang paling penting me
rdeja secara bathin ..." Jelas Kang Gareng yang matanyae mulai menunjukan tanda -tanda  Wattnya menurun dari 30 menjadi 20 alias mengantuk.

"Ya siptul Kang saya angkat tujuh atau Setuju perlunya memaknai Kata Merdeka secara bathin ...bukan bebas merdeka dari rasa benci  iri ,dengki .tapi juga merdeka dari rasa dendam dan rasa permusuhan ..intinya Merdeka dari persoalan yang dapat menjadikan insan pikiranya stabil ..." Ucap Petruk yang terus berupaya memberikan masukan pentingnya menjaga kedamaian .

"Ya Truk ..semoga Kemerdekaan ..memberikan nilai tambah untuk kita berupaya memberikan apa yang terbaik untuk bangsa di era yang semakin maju .." Kilah Kang Gareng yang sembari pamitan.membasuh muka.

"Ya orang batuk bawa strika..ya ngantuk saja alasan cuci muka" Gumam Petruk yang hafal karakter Kang Gareng.

(Km)

Posting Komentar

0 Komentar