APENSO INDONESIA

header ads

Facebook Ads Teknologi Beriklan UKM

Pendidikan IT:

Facebook Ads Teknologi Beriklan UKM
Oleh : Yitno Utomo
Director Informasi Teknologi
APENSOINDONESIA.COM


Setidaknya hari ini cerah, secerah ilmu yang dialirkan oleh dosen-dosen muda dari IT Telkom Surabaya kepada 30 orang pemilik UMKM di Kelurahan Dukuh Menanggal yang kategori middle (menjalankan usaha lebih dari 3 tahun), mengapa UKM menjadi bidikan kontribusi perekonomian Indonesia, karena memiliki kontribusi ; 57% PDB, 99% total jumlah bisnis, 97% lapangan pekerjaan. Oleh karenanya Usaha Kecil Menengah (UKM) sangat penting saat ini.

Pun begitu, UKM tidak serta merta mampu merintis usahanya dengan baik, karena memiliki kendala: tingkat produktivitasnya 4% lebih rendah, kesulitan akses pasar untuk bisa berkompetisi di regional dan global. Selanjutnya melalui berbagai seminar dan sarasehan digenjot untuk bisa melakukan pemasaran secara online, sebab jika Iklan TV tidak ditemui maka 57% orang akan melalui jalur/pencarian internet. (ITTS, 2019)

Hasil survey APJII (2016) yang merupakan lembaga survey jasa internet, bahwa konten komersial yang sering dikunjungi 82,2 juta (62%) tentang onlineshop, 45,3 juta (34,2%) tentang bisnis personal dan 5 juta (3,8%) tentang lainnya. Media sosial yang paling banyak digunakan facebook capainnya hingga 71,6 juta jiwa (54%).

Beberapa aplikasi yang digunakan untuk online marketing bagi UKM diantaranya : website, search engine, display ads, media sosial, direct mail. Saat ini yang paling trend dalam online marketing yaitu menggunakan platfoarm facebook ads. Facebook ads adalah program periklanan dari facebook yang didesain untuk membantu kita mempromosikan produk, jasa, ataupun fanpage facebook yang kita miliki sesuai dengan target audiens kita.

UKM harus serta merta menyiapkan komponen atau atribut pendukung ketika menerapkan bisnis online, diantaranya; produk (identifikasi, spesifikasi, presentasi, quality control), Ekspedisi (pilihan pengiriman, biaya, waktu, packaging), Pembayaran/payment (transfer bank, PayPal). Ketiga atribut komponen tersebut harus mampu dijelaskan secara detail dalam konten facebook ads, sehingga tampilan-tampilan yang menarik serta informasi yang jelas mampu diterima oleh konsumen dalam hal ini adalah netizens.

Cara kerja facebook ads akan mampu memberikan informasi kepada konsumen, tentang ; geographic, demographic, interest, landing page sehingga secara detail akan mengiklankan produk berdasarkan karakteristik produk, segmentasi, jasa lain yang digunakan, sehingga digital marketing mampu mencapai sasaran targetnya sesuai segmentasi pasar yang dibidik. Digital marketing merupakan iklan yang tidak dibatasi waktu, bisa ditemui ontime 24 jam, dengan jangkauan yang luas (global), tidak ada alasan lagi bagi UKM untuk tidakbisa beriklan, semua sangat murah dan mudah. (YTV)

Posting Komentar

0 Komentar