APENSO INDONESIA

header ads

RAMAH DALAM BERGAUL

Marhaban ya Ramadhan:


Bagian 29 - Bersambung


RAMAH DALAM BERGAUL

Oleh: Agung Santoso
Director of Religious Education
APENSOINDONESIA.COM



     Bismillahir rahmanir rahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Para kerabat, sahabat dan teman-teman yang kini lagi menantikan datangnya bulan suci Ramadhan, mari kita selalu tegur sapa dengan memohon barokah serta hidayah agar yang kita lakukan selalu bermanfaat, sehingga setiap detik, menit, jam, hari, bulan dan tahun semuanya bisa tercatat dengan baik sebagai bekal menuju pertanggungjawaban kepada Allah SWT kelak.

    Saudaraku di dalam Kitab Nasihat, Imam Al-Ghazali menggoreskan tulisannya untuk mengingatkan kaum muslimin dan muslimat bagaimana yang di maksud Ramah dalam Bergaul.

   ALLAH telah memerintahkan untuk berlaku adil dan berbuat baik. Berlaku adil adalah perantara keselamatan. Ia berperan layaknya laba dalam perdagangan.

   Sebagaimana tidak dianggap masuk akal orang yang hanya puas dengan balik modal dalam bisnis dunia, begitu pun dalam urusan akhirat.

   Maka tidak semestinya hanya berlaku adil adan menjauhi kezaliman saja, sedang pada saat yang sama meninggalkan pintu-pintu kebajikan. Allah berfirman, ”Berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu” (QS.Al-Qashash: 77) (29-bersambung)

Agsa

Posting Komentar

0 Komentar