APENSO INDONESIA

header ads

DUKUNG LEWAT MEDSOS, INFORMASIKAN OPERASI PASAR DENGAN BENAR

Catatan:

DUKUNG  LEWAT MEDSOS,  INFORMASIKAN OPERASI PASAR DENGAN BENAR

Oleh: Agung Santoso
Director of RE APENSO Indonesia


     JANGAN  kirim informasi HOAX. Kirim informasi sebenarnya. Itulah salahsatu partisipasi masyarakat untuk mendukung aparat yang biasa di sebut Pemerintah. Hal ini berkaitan dengan operasi pasar menjelang bulan suci Ramadhan yang kurang satu pekan  harga sembako, daging, sayur-mayur atau semuanya yang berhubungan dengan urusan primer sangat diharapkan stabilitas.
 

    MEDIA SOSIAL  yang muncul sebagai alat komunikasi ampuh di banding media cetak, elektronika dan media online karena kecepatan informasinya dalam hitungan detik sudah waktunya ikut mengamankan informasi-informasi harga yang normal. Keterbatasan Pemerintah tentang soal waktu, tenaga di lapangan akan sangat terbantu oleh dukungan masyarakat melalui Medsos.

 
   MASYARAKAT atau seseorang bisa di laporkan kepada aparat jika memberikan infomarsi tidak benar, tujuannya memberikan kegaduhan. Apalagi  Tidak akurat  informasi dari kerabat, sahabat dan teman dari  ‘copas tetangga sebelah’  tanpa di seleksi langsung di share harus dihindari.

 
   YANG perlu dipahami harga bahan sembako, daging, sayur mayur atau semuanya yang berhubungan dengan urusan dapur tidak bisa ditunda lagi pembeliannya memang beda antara Provinsi, Kabupaten/Kota  yang ada di Indonesia.Sehingga kita perlu mencemati harga-harga setiap daerah.


   YANG penting dilaporkan oleh Medsos adalah para distributor nakal atau oknum-oknum yang mempunyai jaringan untuk mempermainkan harga, mengapa menjelang Ramadhan harga-harga kebutuhan sembako, termasuk kebutuhan utama gula, telur menjadi naik. Sedang sebelum Ramadhan harga stabil.

 
   MENIMBUN sembako dengan berbagai macam dalih, kemudian dikeluarkan pada momen yang pas sehingga kesediaan barang dengan permintaan tidak seimbang. Disinilah yang perlu di waspadai. Aparat mempunyai sanksi tegas kepada para oknum yang sengaja mempermainkan harga untuk kepentingan bisnis pribadi berdasarkan data dan fakta berupa foto dan berita.
 

    OLEH karena itu  peran ujung tombak adalah para kaum hawa ketika pergi berbelanja kebutuhan sehari-hari di pasar harga-harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan, segera melaporkan kepada pihak berwenang aparat kepolisian dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan agar diberi sanksi.


   MUDAH-MUDAHAN ruang gerak para oknum yang sengaja mempermainkan harga sembako kian menyempit karena selalu di awasi masyarakat dengan laporan dari media sosial . Bila perlu Pemprov, Pemkab/Pemkot membuka hotline posko pengaduan hingga akhir Ramadhan. (Ags)

Posting Komentar

0 Komentar