APENSO INDONESIA

header ads

NAFSU DAN KEINGINAN HATI

KEROHANIAN:

Oleh: Agung Santoso
Dir. of Spiritual Education Asosiasi Pendidikan dan Sosial (APENSO) Indonesia


Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum Warahmatullahibarakatuh hamba yg dimuliakan Allah sampai akhir zaman, tdk terasa tamu agung, segera datang, yakni bulan Ramadhan.

Tidak berkelebihan kiranya sesama umat muslim saling mengingatkan mulai dari hal hal kecil mengajak kebajikan menjauhkan larangan dari Allah, bahkan di setiap waktu kita dituntun agar berdzikir dan memohon ampunan.

Bahkan, kalau kita simak goresan tinta yg dituangkan dlm kitab nasihat oleh ulama besar Syekh Abdul Qadir al-Jailani dgn mengangkat topik  KEINGINAN NAFSU DAN KEINGINAN HATI, bisa di pakai acuan untuk renungan:

"Keinginan mu janganlah sesuatu yg kau makan, yg kau minum, yg kau kenakan, yg kau tinggal dan yg kau kumpulan kan. Semua ini adalah keinginan nafsu. Lalu apakah keinginan hati?yaitu menemukan Tuhan yg Maha Besar.Keinginanmu adalah sesuatu yg membangkitkan perhatian mu.Maka hendak lah yg menjadi  keinginanmu adalah Tuhan mu. Dunia ada gantinya yaitu akhirat.Makhluk ada gantinya yaitu sang Pencipta.Setiap kau tinggalkan sesuatu di dunia ini, kelak diakhirat Tuhan menciptakan gantinya dan lebih baik. Yang tersisa dari umur mu adalah hari ini! Bersiaplah untuk akhirat! Bersiaplah untuk kedatangan malaikat maut,"
 (As)

Posting Komentar

0 Komentar