APENSO INDONESIA

header ads

PILGUB, SANDIWARA DIPANGGUNGKAN



PILGUB, SANDIWARA DIPANGGUNGKAN

Oleh: Gempur Santoso


Berbagai istilah orang menyebut tentang mengapa hidup. Antara lain: Hidup adalah perjuangan; Hidup adalah perang; Hidup adalah panggung sandiwara; Hidup adalah pengabdian. Dan lain sebagainya. Katakanlah semua benar. Jangan lupakan kepada Yang Maha Pemberi Hidup.

Tetangga belakang rumah, yang biasanya hanya menjadi ibu rumah tangga saja, sekarang ngojek online. Suaminya teman ngobrol saya. Seorang sopir sebuah bank swata, semacam BPR. Seiring putra putrinya besar, maka ibu ikut membantu kerja ngojek online. Putra pertama SMK, yang kedua putri di SMP. Semua itu untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Nah, itu termasuk hidup adalah perjuangan. Memperjuangkan kelangsungan hidup. Memperjuangkan keberhasilan putra putrinya.

Menengok yang lain. Tetangga di depan rumahnya tertulis "rumah di jual". Pengakuannya karena usaha sepi, mau balik ke rumah orang tua. Dia punya usaha pembuatan frim screen sablon. Frim terbuat dari aluminium. Frim screen pesanan perusahaan untuk menyablon tulisan dan merk. Saat ini perusahaan sablon merk tidak lagi manual, sudah pakai mesin aoutometicly. Itu membuat pesanan frim screen menjadi sepi.

Terpakasa rumah dijual, untuk modal usaha lain. Tak tahu mau pindah usaha apa. Itulah memang hidup adalah perang. Termasuk perang bisnis. Jatuh bangun. Paling berat memang perang melawan hawa nafsu sendiri.

Menengok yang lain. Pilgub Jatim. Kita pasti yakin para calon gubernur dan wakil gubernur adalah orang yang punya modal duit cukup. Bahkan lebih. Ataupun, dimodali botoh. Modal intelektual cukup. Modal politik juga cukup. Calon, dari kader partai A, dicalonkan oleh partai B atau C. Sudah bukan hal tabu. Tidak lagi ada idealis harus kader partai.

Bahkan tampak politik pratis saat ini tidak ada kader partai. Partai hanya kendaraan pengusung. Kedua kubu pun berasal dari ormas keagamaan yang sama. Bertarung hebat. Sudah debat publik. Sedikit debat kusir. Hidup memang sandiwara.

Para calon selumnya sudah bertahta. Pernah jadi menteri. Bahkan masih jadi menteri. Mundur nyagub. Jadi wagub, cuti, nyagub. Jadi bupati. Mundur nyawabub. Sekjen ormas tingakat nasional, nyawabut.

Ada apa dengan Jatim. Ada apa dengan merebut tahta baru gubernur atau wakil guburnur. Walau tahtannya belum sampai selesai, ditinggalkan.

Bela yang benar tergantung yang bayar. Pengurus partai bekerja seperti even organiser (eo) tergantung pesanan.

Menilik hidup ini hanya sandiwara, kita rakyat kecil tetap rukun saja. Jangan tengkar, jangan fanatik kubu-kubuan. Tetap jalin silaturohim, sedulururan. Tingkatkan kerjasana membuat kebaikan, bisnis, bertani, berdagang dan sebagainya. Saling menguntungkan.

Berkali kali ganti gubernur, tetanggaku yang lain pejual es degan dan kupang lontong. Sampai saat ini pun masih tetap penjual es degan dan kupang lontong. Bahkan jualnya di tempat yang sama. Rombong pinggir lereng jalan.

Data statistik jumlah kemiskinan menurun. Di desa jumlah kemiskinan malah naik. Kemiskinan turun ada di tulisan data BPPS. Seperti harga beras murah di berita TV. Tidak bisa beli beras di TV. Beli beras di toko mahal.

Jadi ingat.., Dunia ini panggung sandiwara......ceritanya mudah berubah, lagu dinyanyikan Ahmad Albar.

Jangan sampai pilih kucing dalam karung. Terbuai sandiwara.

April 2018


Posting Komentar

0 Komentar